- Advertisement -
Humanitarian

NGO Turki bantu Muslim Rohingya yang membawa orangtua melarikan diri dari Myanmar 

Turkinesia.net – LSM Turki memberikan bantuan seorang pria Rohingya yang fotonya menjadi viral beberapa waktu lalu. Foto tersebut memperlihatkan saat di mana ia membawa ibu dan ayahnya yang sudah tua dengan dua keranjang di pundaknya untuk menghindari kekerasan di negara bagian Rakhine.

Foto yang memilukan dari Mohammed Ayoub yang membawa orang tuanya dalam keadaan bertelanjang kaki selama seminggu untuk mencapai daerah Cox’s Bazaar di Bangladesh, mendapat perhatian dunia pada September lalu sebagai salah satu gambar yang menampilkan penderitaan Rohingya.

Lembaga bantuan kemanusiaan Turki (IHH), menghubungi Ayoub dan ibunya sebagai bagian dari program bantuannya ke kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh dan memberikan bantuan medis, bantuan kemanusiaan dan kursi roda untuk ibunya. Sedangkan ayah Ayoub meninggal dua bulan lalu di kamp pengungsian.

Lembaga tersebut juga akan merenovasi rumah Ayoub di kamp Kutupalong

IHH, salah satu lembaga bantuan kemanusiaan terkemuka Turki, telah memberikan bantuan kepada lebih dari 835.000 Muslim Rohingya, termasuk mereka yang masih berada di negara bagian Rakhine dan juga mereka yang menyeberang ke Bangladesh sejak awal krisis pada 24 Agustus.

Tentara Myanmar melancarkan serangan balasan di negara bagian Rakhine setelah serangan mematikan Agustus lalu terhadap personil keamanan. Militer Myanmar melakukan pelanggaran hak asasi manusia – termasuk pemerkosaan, pembunuhan, penyiksaan, dan pembakaran rumah-rumah Rohingya – pejabat PBB dan AS menyebut hal itu sebagai pembersihan etnis.

Myanmar menyangkal kewarganegaraan Rohingya dan hak-hak yang menyertainya. [Daily Sabah]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: