Selasa, Oktober 4, 2022
Politik

Oposisi Turki salahkan Erdogan sebagai ‘biang kerok’ memburuknya hubungan luar negeri, terutama dengan AS

Oposisi Turki salahkan Erdogan sebagai 'biang kerok' memburuknya hubungan luar negeri, terutama dengan AS - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Kemal Kılıçdaroğlu, ketua Partai Rakyat Republik (CHP), mengecam pemerintah karena menerapkan kebijakan luar negeri yang dianggap sepenuhnya salah dengan meninggalkan prinsip-prinsip dasar diplomasi Turki di tengah ketegangan yang sedang berlangsung antara Turki dan Amerika Serikat atas peristiwa 1915.

Turki menjadi jauh lebih lemah di luar negeri karena kebijakan luar negeri yang diterapkan oleh pemerintah Erdoğan, kata Kılıçdaroğlu.

Kılıçdaroğlu menuding Erdogan telah meninggalkan prinsip-prinsip dasar diplomasi Turki serta dialog untuk penyelesaian masalah berusia seabad lalu yang mempromosikan perdamaian di dalam negeri dan di dunia. Ditambah, katanya, pemerintah Erdogan mencampuri urusan internal negara-negara kawasan, terutama di Timur Tengah, memicu masalah bilateral dengan banyak dari negara tersebut.

“Semua prinsip ini ditinggalkan. Kebijakan luar negeri seharusnya tidak digunakan sebagai alat politik internal. Kalau tidak, akan terbentur tembok, seperti yang terjadi sebelumnya,” tandasnya.

Kılıçdaroğlu berpendapat bahwa Kementerian Luar Negeri Turki dan birokrat senior telah sepenuhnya dikesampingkan dalam membuat kebijakan luar negeri.

“Sebaliknya, dia mengimpor kebijakan luar negeri berbasis Ikhwan,” ujarnya.

Pemimpin CHP itu juga mengkritik pemerintah karena mempertaruhkan kekuatan diplomasi Turki di arena internasional, “Itulah mengapa Erdogan telah menjadi perhatian keamanan nasional Turki.”

Sumber: Hurriyet Daily News

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Khairil Basri Nasution
Khairil Basri Nasution
1 year ago

Oposisi Tolol….
Kapan ummat Islam bisa Tegak Kepala….., dasar oposisi penghianat…. Berdarah hitam

AreeyAgung
AreeyAgung
1 year ago

Saya dari Indonesia merasakan kehebatan Turki dalam beberapa tahun ini kenapa orang Turki yang ini malah takut sama Amerika lihat Korut dan Iran cuma di gertak saja oleh Amerika karena Korut dan Iran punya senjata beneran tidak seperti Irak yang tidak punya senjata dan ada perpecahan rakyat nya hingga akhirnya di bikin hancur lebur oleh Amerika

Wawan
Wawan
1 year ago

Ini oposisi ngarol ngidul, bicara tak jelas gegara gemes tak lihat kekurangan Erdogan

error: Content is protected !!
3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: