Selasa, Agustus 9, 2022
Teknologi

Oppo pertama “Made in Turkey” sudah beredar di pasaran

Oppo pertama "Made in Turkey" sudah beredar di pasaran - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Smartphone Oppo made in Turkey pertama A15s, telah dipasarkan dengan harga TL 2.499 ($ ​​346).

Pada Desember 2020, perusahaan China tersebut mengumumkan rencananya untuk berinvestasi di Turki dan kemudian memulai produksi uji coba di pabrik di Tuzla Istanbul pada Maret 2021.

Smartphone pertama yang diproduksi di pabrik Turki itu memiliki layar 6,5 inci, menampilkan chipset octa-core MediaTek Helio P35. Oppo A15s memiliki memori 4 gigabyte (GB) dan penyimpanan 64GB (microSD mendukung hingga 256GB).

Kamera depan ponsel Oppo pertama buatan Turki ini memiliki resolusi 8 megapiksel sementara itu juga memiliki tiga kamera belakang dengan 13 megapiksel, dua, dan dua lainnya.

Ponsel yang memiliki baterai 4230 mAh ini tersedia dalam pilihan warna dinamis hitam dan biru misterius.

Awal bulan ini, Menteri Perindustrian dan Teknologi Mustafa Varank mengumumkan bahwa merek smartphone Oppo mulai menguji produksinya di pabriknya di Tuzla. Menurut pernyataan Kementerian, pabrik idle dengan area tertutup seluas 12.000 meter persegi di Tuzla disulap menjadi fasilitas produksi smartphone oleh merek ponsel China, Oppo.

Pengerjaan instalasi fasilitas produksi Oppo, yang didukung oleh insentif investasi dari kementerian, dimulai sejak November. Lini produksi teknologi pemasangan permukaan (SMT) dan semua sistem dipasang di pabrik dalam waktu sekitar tiga bulan.

Pabrik tersebut juga memungkinkan produksi completely knocked-down (CKD) dan merupakan pabrik pertama dari jenisnya di Turki. Sekitar 1.000 orang diharapkan dipekerjakan dengan transisi ke produksi berkapasitas penuh di pabrik.

Menurut firma riset pasar Canalys, Oppo menempati urutan ke-5 di pasar smartphone global pada tahun 2020, setelah Samsung, Apple, Huawei dan Xiaomi, dengan pangsa 9%.

Merek ponsel pintar Tiongkok lainnya, Tecno Mobile – yang awalnya memasuki pasar Turki tahun lalu – akan menginvestasikan lebih dari $ 25 juta (TL 190 juta) untuk produksi ponsel pintar di Turki, kata perusahaan itu pada bulan Januari. Perusahaan itu menekankan bahwa ponsel pertama akan dirilis di bulan Maret. Demikian pula, Xiaomi juga telah mengungkapkan rencananya untuk mempersiapkan produksi smartphone di Turki selama kuartal pertama tahun ini.

Baca juga  Erdogan sebut kapal selam Turki akan siap dalam 5 bulan ke depan

Sumber: Daily Sabah

5 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Syahrul Qur'ani
1 year ago

Di Turki, meski perusahaan aseng yg investasi, tenaga kerjanya masih pake org lokal Turki. Beda dgn kita, perusahaannya masuk plus tenaga kerjanya

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: