Minggu, Agustus 14, 2022
Turki

Ozil kecam kekejaman China, Arsenal lepas tangan: “Itu pendapat pribadi dia”

Ozil kecam kekejaman China, Arsenal lepas tangan: “Itu pendapat pribadi dia” - Turkinesia

TURKINESIA.NET – LONDON. Klub sepak bola Inggris Arsenal pada 14 Desember berlepas tangan atas unggahan kecaman Mesut Ozil terhadap kekejaman pemerintah China terhadap Muslim Uighur.

“Konten yang dia ungkapkan sepenuhnya adalah pendapat pribadi Ozil,” ungkap akun resmi Arsenal Football Club dalam sebuah postingan di Weibo.

“Sebagai klub sepak bola, Arsenal selalu menganut prinsip tidak terlibat dalam politik.”

Akun Twitter klub tidak memiliki pos yang membahas komentar Özil pada 15 Desember.

Posting Özil menyebut orang-orang Uighur sebagai “pejuang yang menentang penganiayaan” dan mengkritik tindakan keras China dan sunyinya tanggapan umat Islam.

Mantan pemain Real Madrid itu bahkan tidak menyebut nama Xinjiang yang merupakan provinsi tempat muslim Uighur, melainkan Turkistan Timur.

“Turkistan Timur, luka yang berdarah dari umat, mencoba melawan para persekutor yang berusaha memisahkan mereka dari agama.”

“Mereka membakar Alquran, menutup masjid, menutup madrasah, dan membunuh para tokoh mereka [Uighur]. Para pria dipaksa tinggal dalam kamp dan keluarga mereka dipaksa tinggal dengan orang-orang China. Para wanitanya dipaksa menikah dengan orang-orang China,” demikian pernyataan Ozil dalam akun Instagramnya.

Terlepas dari semua ini, umat Islam tetap diam,” kata Özil.

“Ali yang terhormat, menantu Nabi Muhammad berkata, ‘Jika Anda tidak dapat mencegah penganiayaan, ungkaplah itu,” imbuhnya.

Banyak tanggapan kemarahan pada postingan Arsenal di Weibo, bahkan ada yang menuntut dia dikeluarkan dari klub.

Asosiasi Sepak Bola Cina mengatakan kepada outlet berita yang didukung pemerintah, The Paper, pada 14 Desember bahwa mereka “marah dan kecewa” oleh pernyataan Özil, menggambarkannya sebagai “tidak pantas”.

“Komentar Özil tidak diragukan lagi menyakitkan bagi penggemar Tiongkok yang mengikutinya dengan cermat, dan pada saat yang sama komentarnya juga melukai perasaan orang-orang Tiongkok. Ini adalah sesuatu yang tidak dapat kami terima,” kata outlet berita tersebut mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dari asosiasi itu.

Baca juga  Anak-anak Uighur di Turki kisahkan kepedihan hidup

PBB dan kelompok-kelompok hak asasi manusia memperkirakan bahwa antara 1 juta dan 2 juta orang, sebagian besar etnik Uighur Muslim, telah ditahan dalam kondisi brutal di Xinjiang sebagai bagian dari apa yang Beijing sebut sebagai kampanye anti-terorisme. [Hurriyet]

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Roy
Roy
2 years ago

Hanya komentar kalian merasa terluka,..
Trus bagaimana saudara/i kami yg mengalami penganiaya’an dan pembunuhan luka di uighur sana..

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: