- Advertisement -
Internasional

Pakistan sambut baik peran Turki sebagai mediator dengan India

TURKINESIA.NET – ANKARA. Duta Besar Pakistan untuk Turki pada Kamis mengatakan Turki tidak hanya akan membantu Pakistan dan India menyelesaikan kebuntuan mereka tetapi juga akan memfasilitasi pencapaian perdamaian yang tahan lama di kawasan itu.

“Kami menyambut tawaran mediasi Turki tidak hanya dalam meredakan situasi saat ini tetapi juga dalam membantu membawa perdamaian dan stabilitas abadi ke Asia Selatan dengan membantu Pakistan dan India duduk bersama dan mengadakan percakapan yang berorientasi pada hasil yang berguna bagi masalah pokok yang menimpa Asia Selatan, dan itu Kashmir,” kata Muhammad Syrus Sajjad Qazi kepada Anadolu Agency.

Qazi mengatakan Turki adalah teman baik dan saudara Pakistan.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis dan menjelaskan kepadanya tentang situasi yang berkembang selama beberapa hari terakhir dan upaya yang dilakukan Khan untuk mengurangi eskalasi krisis.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Rabu mengatakan bahwa Ankara selalu bersedia berkontribusi untuk mengurangi ketegangan antara Pakistan dan India.

Pada Rabu, kedua negara terlibat dalam pertemuan udara pertama mereka dalam beberapa dekade, di mana Pakistan mengklaim telah menjatuhkan dua pesawat India yang telah memasuki wilayah udara dan India mengklaim telah menembak jatuh satu pesawat Pakistan.

Pakistan juga menahan seorang pilot India yang ditangkap oleh pasukan setelah jatuhnya pesawatnya.

Qazi mengkonfirmasi bahwa pilot akan dibebaskan pada Jumat setelah Khan mengumumkan keputusan pada hari sebelumnya.

“Dalam keinginan kami untuk perdamaian, saya mengumumkan bahwa besok, sebagai langkah pertama untuk membuka negosiasi, Pakistan akan melepaskan perwira Angkatan Udara India dari tahanan kami,” kata Khan kepada Majelis Nasional Pakistan.

Baca juga  Turki: Operasi di utara Suriah berjalan sesuai rencana

Qazi menambahkan bahwa Pakistan selalu berupaya mengurangi ketegangan dan mempromosikan perdamaian di Asia Selatan.

Namun dia mengingatkan bahwa kesalahan perhitungan antara kedua negara akan merugikan kawasan sangat besar.

“Kedua belah pihak perlu berbicara. Semua masalah dapat diatasi melalui percakapan yang bermakna,” katanya.

Komitmen menahan diri

Qazi mengatakan Pakistan tidak akan meningkatkan ketegangan lebih lanjut dan bertekad untuk menahan diri.

“Namun, jika sayangnya, eskalasi dibebankan pada kami, maka kami mungkin tidak memiliki pilihan selain membalas. Tapi itu akan menjadi pilihan terakhir kami,” ujar dia.

“Kami tidak ingin kasus ini melewati jalan tersebut. Dan semoga, rekan kami dari India kami di sisi lain perbatasan juga akan berbagi sentimen ini,” tambahnya.

[adinserter block=”1″]

Qazi juga mengesampingkan perang nuklir antara dua negara tetangga.

“Saya yakin bahwa dengan ketulusan hati, hampir tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan,” katanya, seraya menambahkan bahwa selalu ada solusi diplomatik yang tersedia untuk semua negara dewasa yang waras.

“Kami siap untuk itu. Kami berharap pihak India juga siap untuk itu,” tambah Qazi. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: