Thursday, May 23, 2024
Bilateral

Paspor paling kuat di dunia: Turki urutan ke 50

Paspor Turki
Paspor Turki

Indeks Paspor Henley, yang diperbarui secara global setiap tiga bulan, mengumumkan peringkat baru paspor paling kuat di dunia.

Turki naik tiga tempat dalam daftar yang diurutkan berdasarkan jumlah negara di mana pemegang paspor bebas visa.

Mengevaluasi data Indeks Paspor Henley, Direktur Henley & Partners Turki Burak Demirel menyatakan bahwa Turki sebelumnya berada di peringkat ke-53 dalam indeks yang diterbitkan pada 1 Januari 2023.

“Jumlah negara yang bisa dimasuki tanpa visa dengan paspor Turki saat ini mencapai 114 negara. Sedangkan paspor Jepang yang lima tahun terakhir menduduki peringkat pertama justru merosot ke peringkat tiga, sedangkan paspor Singapura menjadi paspor terkuat di dunia dengan bebas visa masuk ke 192 negara,” kata Demirel.

Menurut indeks, Jerman, Italia, dan Spanyol menempati peringkat kedua dengan bebas visa masuk ke 190 negara.

Austria, Finlandia, Prancis, Luksemburg, Korea Selatan, dan Swedia juga menempati peringkat ketiga dengan bebas visa masuk ke 189 negara, bersama dengan Jepang.

Berdasarkan data pribadi dan resmi dari Air Transport Association (IATA), indeks tersebut mengevaluasi kekuatan paspor berdasarkan jumlah negara yang dapat dikunjungi tanpa visa, atau kemudahan mendapatkan visa.

Sumber: Hurriyet Daily News

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d