Minggu, Agustus 14, 2022
Kontra-teror

Pasukan keamanan Turki sita hampir 7,2 juta tanaman ganja dalam operasi kontra-terorisme

Pasukan keamanan Turki sita hampir 7,2 juta tanaman ganja dalam operasi kontra-terorisme - Turkinesia

TURKINESIA.NET – DIYARBAKIR. Pasukan keamanan Turki telah menyita hampir 7,2 juta tanaman ganja yang cukup untuk menghasilkan 168 ton bubuk ganja di provinsi tenggara Diyarbakir, ungkap Kementerian Dalam Negeri, Selasa.

Tanaman ganja di distrik Kutu provinsi itu disita dalam operasi “narko-kontraterorisme” terhadap kelompok teroris PKK. PKK bergantung pada penanaman dan perdagangan ganja untuk sebagian besar pendapatannya.

Kementerian tersebut mengatakan, dalam operasi antara 1 Juni dan 7 Juni, pasukan gendarmerie lokal di Diyarbakır menemukan pabrik. Mereka menggunakan mini-drone untuk mendeteksi ladang. Penggerebekan dilakukan di 141 lokasi berbeda.

Pihak berwenang juga menyita 32 kilogram (70,55 pon) bubuk ganja, serta peralatan budidaya. Sebanyak 45 tersangka diamankan dalam operasi tersebut.

PKK yang terlibat dalam kampanye teroris di Turki sejak 1980-an, kekuatannya telah berkurang drastis dalam beberapa tahun terakhir berkat operasi kontraterorisme di dalam dan di luar negeri.

Diyarbakir adalah salah satu provinsi di mana kelompok tersebut telah merekrut teroris dan mencuci otak pemuda dan anak-anak untuk bergabung dengan barisan mereka.

Selama beberapa tahun terakhir, kehadiran PKK di wilayah tersebut telah menurun tetapi kelompok itu masih aktif di Irak, di mana teroris seniornya bersembunyi di daerah pegunungan dan melalui cabangnnya di utara Suriah.

Menurut sebuah laporan oleh Pusat Pengawasan Obat-obatan dan Ketergantungan Obat Eropa (EMCDDA) Uni Eropa, kelompok teroris juga bertanggung jawab atas perdagangan narkoba di seluruh Eropa.

“PKK… telah dilaporkan terlibat dalam kejahatan terorganisir, beberapa contoh keterlibatannya dalam perdagangan narkoba di UE,” kata laporan tahun 2019.

Sebuah laporan Kementerian Dalam Negeri Turki yang diterbitkan tahun lalu mengatakan, 121 juta tanaman ganja telah disita sejak tahun 1980-an dalam operasi melawan PKK.

Baca juga  Intelijen Turki sukses selamatkan warga Moldova dari kamp teroris YPG

Dikatakan juga bahwa kelompok tersebut aktif dalam semua fase perdagangan narkoba, termasuk produksi, pengiriman, distribusi dan penjualan.

Kelompok teroris dilaporkan memproduksi heroin di laboratorium di kamp-kampnya di Irak utara dan menjualnya ke Eropa.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: