- Advertisement -
Uncategorised

Pelapor PBB menolak klaim Saudi soal laporan pembunuhan Khashoggi

TURKINESIA.NET – GENEVA. Pelapor Khusus PBB Agnes Callamard mengatakan pada hari Rabu [24/06] bahwa dirinya sama sekali tidak bergantung pada laporan media untuk mencapai kesimpulan dalam penyelidikannya terhadap pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi seperti yang diklaim Arab Saudi.

Berbicara pada sesi ke-41 Dewan HAM PBB di Jenewa, Callamard mengatakan bukti yang dikumpulkan selama penyelidikan pembunuhan Khashoggi menunjukkan bahwa negara Saudi bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.

Abdulaziz Alwasil, duta besar Saudi untuk AS di Jenewa, mengklaim bahwa laporan Callamard “berdasarkan prasangka dan ide-ide pabrikasi” dan menggunakan “artikel atau sumber yang tidak kredibel”.

“Saya sama sekali tidak mengandalkan laporan media untuk mencapai kesimpulan saya. Saya belum mengumumkan sumber saya karena sumber saya takut ada pembalasan,” kata Callamard.

Callamard mengatakan dia membagikan laporan itu dengan otoritas Saudi dua minggu sebelum dipublikasikan dan tidak menerima umpan balik.

“Saya masih berkomitmen untuk kerja sama itu. Saya tetap terbuka untuk bertemu dengan otoritas Saudi untuk membahas temuan saya dan apa yang mereka anggap bermasalah, ”tambahnya.

Sebuah laporan PBB yang dirilis minggu lalu mengkonfirmasi bahwa 11 orang sedang diadili dalam kasus ini.

[adinserter name=”Block 1″]

Callamard menegaskan kembali seruannya kepada pemerintah Saudi untuk bekerja sama penuh dengan Turki dan masyarakat internasional untuk memastikan transparansi dalam persidangan dan bahwa rantai komando sedang diselidiki.

Tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, juga berbicara kepada Dewan HAM PBB.

“Laporan tersebut menjelaskan bahwa penyelidikan internasional harus dilakukan. Saya memanggil sekretaris jenderal [PBB] untuk mendesak negara-negara anggota untuk mendukung seruan Agnes untuk penyelidikan ini, ”katanya.

“Seperti yang dikatakan Agnes, ini saatnya sanksi diberikan. Mereka yang berada di belakang pembunuhan dan penutupan harus menghadapi hukuman.”

Baca juga  PM TNRC: Erdogan terus mendukung Siprus Turki

Sadik Arslan, duta besar Turki untuk PBB di Jenewa, juga meminta komunitas internasional untuk mendukung rekomendasi Callamard.

[adinserter name=”Block 1″]

Berbicara pada sesi ke-41 Dewan HAM PBB, Arslan mengatakan Turki mendukung Callamard sepanjang penyelidikannya, dan Turki berbagi semua informasi pembunuhan ini dengan Callamard.

“Kami sangat mendukung rekomendasi Callamard untuk keadilan dan pertanggungjawaban kejahatan ini. Kami juga mengundang semua anggota dan komunitas internasional untuk mendukung proposal ini untuk memastikan bahwa Khashoggi berdamai selamanya. ”

Callamard menerbitkan laporan minggu lalu, yang mengatakan pembunuhan pada musim gugur lalu di Istanbul terhadap Khashoggi “merupakan pembunuhan di luar hukum” yang menjadi tanggung jawab “Arab Saudi”.

Dalam laporan itu, Callamard mengatakan dia menemukan “bukti yang kredibel” untuk menyelidiki lebih lanjut pertanggungjawaban pejabat Saudi atas pembunuhan Khashoggi, termasuk Putra Mahkota Mohammad bin Salman.

Di antara rekomendasi lainnya, laporan PBB menyerukan kepada FBI dan sekretaris jenderal PBB untuk meluncurkan investigasi kriminal terhadap pembunuhan Khashoggi, jurnalis yang tercatat sebagai penduduk AS.

[adinserter name=”Block 1″]

Khashoggi terbunuh dan dimutilasi oleh sekelompok intelijen Saudi tak lama setelah ia memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober tahun lalu.

Riyadh menawarkan berbagai narasi yang saling bertentangan untuk menjelaskan kepergian Khashoggi, sebelum mengakui bahwa dia dibunuh di gedung diplomatik sambil berusaha mengalihkan kesalahan atas kematiannya pada operasi yang gagal yang dilakukan oleh agen-agen jahat.

Hingga kini tubuh Khashoggi belum ditemukan, dan Kerajaan tetap diam mengenai keberadaannya. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: