- Advertisement -
Teknologi

Penemuan warga Turki: Batu nisan bertenaga surya yang dapat lantunkan murottal

TURKINESIA.NET – KONYA. Seorang pria di provinsi Konya Anatolia Tengah telah menemukan batu nisan bertenaga surya yang dapat melantunkan doa dan memunculkan sebuah audio di batu nisan orang yang sudah meninggal. Ide tersebut ia dapatkan ketika sedang berusaha membangun batu nisan khusus untuk saudara perempuannya.

“Ketika saya membuat batu nisan adik perempuan saya dari marmer, saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Jadi, saya membuat batu bertenaga surya yang dapat diatur melalui tombol di atasnya, yang melafalkan ayat-ayat dari surat “al-Fatihah” dan “al-Ikhlas”, dan juga memunculkan tulisan di batu nisan almarhumah,” Durmuş Ali Çınar, penemu batu nisan elektronik, mengatakan kepada Kantor Berita Demirören.

“Apa pun yang diinginkan kerabat, kita dapat mengunggahnya ke batu nisan. Ini bisa berfungsi 24 jam penuh jika menerima sinar matahari selama enam jam,” tambahnya.

[adinserter name=”Block 1″]

Çınar mengatakan bahwa dia mengajukan permohonan paten untuk penemuannya dan menambahkan keinginannya untuk menghasilkan lebih banyak.

“Kami mengajukan paten delapan bulan lalu. Segera setelah kami menerima paten, kami akan memulai produksi massal,” katanya.

Çınar juga menekankan bahwa ada permintaan yang banyak terhadap penemuannya dari banyak provinsi lain di Turki.

[adinserter block=”1”]

“Sudah seminggu sejak kami membangun ini, tapi semua orang sudah penasaran. Mereka menantikan untuk menerima ini. Batu nisan tersebut telah menarik banyak perhatian,” tambahnya.

“Beberapa orang bisa takut jika seseorang datang larut malam dan menyalakan sistem karena suara akan keluar dari nisan, tetapi tidak ada yang akan takut pada siang hari,” katanya. [HDN]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: