Minggu, Agustus 14, 2022
Lifestyle

Penggunaan kantong plastik di Turki menurun hingga 50 persen

TURKINESIA.NET – ANKARA. Penggunaan kantong plastik di Turki telah menurun hingga 50 persen sejak 1 Januari, ketika pengecer mulai mengenakan biaya untuk kantong plastik yang merusak lingkungan, menteri lingkungan dan urbanisasi mengatakan pada hari Jumat.

Target Turki adalah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik per orang sebanyak 90 persen pada 2025. Saat ini, penggunaan tas plastik per orang mencapai 440 per tahun, Murat Kurum mengatakan pada pertemuan tentang undang-undang lingkungan di ibukota Ankara.

Sekitar 30-35 miliar kantong plastik digunakan di Turki setiap tahun, katanya.

Kurum menambahkan: “Kita harus kembali menggunakan jaring pasar. Kami mendorong para industrialis dan produsen untuk melakukan promosi.”

Tujuan utamanya bukan untuk menghasilkan uang dari kantong plastik, tetapi untuk mencegah ekosida, menteri menggarisbawahi.

Kantong plastik dijual seharga 0,25 lira Turki ($ 0,05), di mana 0,10 lira ($ 0,02) terdiri dari biaya pabrik dan 0,15 lira ($ 0,03) untuk proyek lingkungan.

Kurum berkata, “Pendapatan dari kantong plastik akan digunakan untuk beberapa proyek lingkungan seperti jalur sepeda dan pejalan kaki, penghalang kebisingan dan fasilitas pengolahan air limbah.”

[adinserter name=”Block 1″]

Kantong plastik dapat memakan waktu hingga 1.000 tahun untuk terurai, menurut Mind Your Waste Foundation.

Yayasan itu mengatakan bahwa sebanyak 5 triliun kantong plastik diproduksi setiap tahun di seluruh dunia, hanya 1 persen yang didaur ulang.

Turki juga memiliki proyek tanpa limbah yang dipimpin oleh Ibu Negara Turki Emine Erdogan, untuk mengurangi volume sampah yang tidak dapat didaur ulang. [Yeni Safak]

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: