Sabtu, Agustus 13, 2022
Indonesia-Turki

Pengusaha Turki lariskan produk UKM Indonesia di Istanbul

TURKINESIA.NET – Istanbul. Kemal Güler, seorang pengusaha Turki yang sudah 18 tahun malang melintang menjual barang kerajinan UKM Indonesia. Sosok yang ramah dan periang serta cukup fasih berbahasa Indonesia ini terlihat semangat dalam menceritakan kiprahnya serta suka dukanya menjalankan roda usahanya.

“Aku hanya berjualan barang kerajinan Indonesia. Itulah keahlian saya” ujar suami dari Bu Markilah asal Pasuruan Jawa Timur saat dikunjungi Konjen RI Herry Sudradjat di tokonya hari Rabu 8 Maret 2017 di daerah pusat belanja Eminönü, Istanbul.

Menurutnya bisnis ini sangat prospektif. Pembeli selain orang Turki sebagian besar berasal dari Rusia. Saat ramai usahanya bisa mendatangkan 1 (satu) kontainer barang kerajinan dari Indonesia per bulannya. Barang-barang tersebut diakuinya didapat dari pengrajin kecil yang digalangnya secara rutin dalam setiap kunjungan ke berbagai daerah seperti Yoyakarta, Ngawi, dan Bali.

Diakuinya bisnis penjualannya agak berkurang akhir akhir ini (2017). Namun dirinya optimis bisnis akan membaik dalam waktu dekat seiring dengan kembalinya turis Rusia terlebih apabila situasi politik makin membaik paska referendum 16 April 2017.

Saat pertemuan dimanfaatkan Kemal untuk menyampaikan keluhannya sehubungan dengan naiknya pajak impor terhadap barang Indonesia. Menurutnya perjanjian dagang Turki-Indonesia sangat penting diwujudkan agar barang Indonesia dapat bersaing dengan produk negara lain di pasar Turki.

Kemal juga menyatakan rencananya untuk menjajagi bisnis impor komoditi lainnya dari Indonesia. Bermodalkan relasi bisnis di Turki dan hubungan baik dengan KJRI Istanbul serta jejaring yang telah dibangun selama menjadi pengusaha dirinya siap membantu eksportir Indonesia dalam memasarkan produknya di Turki. Atas usahanya tersebut, Kemal juga telah diberikan penghargaan ‘PRIMADUTA AWARD’ dari Pemerintah Indonesia.

[adinserter block=”1″]

Mengakhiri pertemuan, Kemal dan Bu Markilah mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan dan kembali menegaskan kesiapannya bekerjasama dengan KJRI Istanbul dalam peningkatan hubungan dagang Indonesia dengan Turki. [Sumber: TRW/KJRI Istanbul]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: