- Advertisement -
Ekonomi

Penjualan iPhone di Turki merosot drastis hingga 65 persen

TURKINESIA.NET – ANKARA. Angka penjualan untuk iPhone yang merupakan salah satu merek ponsel terlaris di Turki telah benar-benar merosot sebagai akibat dari seruan boikot, fluktuasi dalam nilai tukar dan harapan terhadap model baru.

Penjualan iPhone anjlok hingga 60-65 persen dalam dua bulan terakhir, menurut informasi yang diterima harian Turki, Hürriyet, dari sumber yang relevan.

Laporan tersebut menyebutkan tiga masalah sebagai alasan penurunan angka penjualan, yaitu kenaikan harga, seruan boikot dan model iPhone baru yang akan diluncurkan pada minggu kedua September.

Salah satu alasan utama penurunan penjualan iPhone di Turki adalah kenaikan harga yang berasal dari fluktuasi nilai tukar. Sebagai contoh, ketika iPhone X dirilis pada bulan Desember 2017, iPhone dijual seharga 6,099 Lira Turki (TL) atau (​​945 USD) dan satu dolar setara dengan 3.85 TL. Dengan kenaikan pertama pada 13 Juli, harga model melonjak ke 7,499 TL, naik 23 persen.

Salah satu faktor lainnya di balik penurunan penjualan iPhone adalah ajakan boikot oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan sebagai akibat dari ketegangan politik dan ekonomi yang dialami bersama AS.

“Kami akan memboikot produk elektronik Amerika,” kata Erdogan, menambahkan bahwa Turki akan menghasilkan versi yang lebih baik dari setiap produk yang sebelumnya dibeli dengan mata uang asing dan mengekspornya.

Beberapa orang sudah mulai beralih ke model ponsel cerdas yang diproduksi oleh merek domestik dan asing lainnya. Diperkirakan bahwa ini mungkin memiliki efek negatif pada penjualan. Efek yang mungkin terjadi dari seruan boikot akan lebih jelas terlihat dalam angka penjualan yang akan dirilis pada bulan September. Dealer dengan stok iPhone yang tersedia bertujuan untuk menjual ponsel ini. Penjualan kontrak, terutama yang hingga 48 bulan, diperkirakan akan berlanjut hingga 1 September, kata laporan itu.

Baca juga  Lagi! Presiden Erdogan umumkan penemuan 85 miliar meter kubik cadangan gas di Laut Hitam

Turki dan AS saat ini mengalami hubungan yang kaku setelah Washington memberlakukan sanksi pada Menteri Dalam Negeri Süleyman Soylu dan Menteri Kehakiman Abdulhamit Gül karena tidak melepaskan pendeta Amerika, Andrew Brunson, yang menghadapi tuduhan terorisme di Turki.

Apple memperkenalkan smartphone baru dan inovasi lainnya di pusatnya yang berbasis di San Francisco, biasanya pada minggu kedua September. Sudah ada rumor tentang perangkat yang akan diperkenalkan dalam acara yang akan dihadiri oleh anggota pers dari seluruh dunia. Apple, yang akan mendiversifikasi iPhone dengan tiga model yang berbeda, direncanakan untuk menawarkan teknologi baru juga, mendorong pengguna di Turki untuk menunggu model iPhone baru. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: