Kamis, Juni 30, 2022
Proyek

Peresmian bandara Rize-Artvin dihadiri Erdogan dan Aliyev

peresmian bandara Rize-Artvin
Erdogan dan Aliyev hadiri peresmian bandara Rize-Artvin

TURKINESIA.NET – RIZE. Peresmian bandara Rize-Artvin pada hari Sabtu dihadiri oleh presiden Turki dan Azerbaijan.

Bandara itu merupakan kedua di Turki yang dibangun di atas area reklamasi di wilayah Laut Hitam timur laut.

Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev kemudian tiba di bandara menggunakan penerbangan charter.

Dalam pidatonya di peresmian bandara Rize-Artvin, Aliyev mengingatkan dukungan Turki dalam kemenangan mereka di perang Karabakh.

Ia juga mengatakan bahwa sebagian besar perusahaan yang bekerja dengan bandara Rize-Artvin saat ini juga terlibat membangun kembali daerah yang dibebaskan dari pendudukan Armenia.

Presiden Erdoğan yang berasal dari distrik Güneysu Rize, mengatakan jumlah bandara di Turki meningkat dari 26 menjadi 57 selama pemerintahan Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) berturut-turut.

Bandara kedua di Turki yang dibangun menggunakan tanggul laut setelah Bandara Ordu-Giresun ini memiliki kapasitas tahunan 3 juta penumpang.

Ini juga merupakan bandara kelima di dunia yang dibangun di atas area yang direklamasi dari laut, menggunakan 100 juta ton batu dalam prosesnya.

Bandara yang memiliki luas dalam ruangan 47,13 meter persegi ini diharapkan dapat melayani sekitar 3 juta penumpang setiap tahunnya.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: