Sabtu, Agustus 20, 2022
Politik

Peringati kudeta 1980, ketua parlemen: Era kudeta di Turki sudah berakhir berkat perlawanan rakyat

Peringati kudeta 1980, ketua parlemen: Era kudeta di Turki sudah berakhir berkat perlawanan rakyat - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Era kudeta di Turki telah berakhir berkat pertahanan heroik rakyat Turki melawan komplotan kudeta pada 15 Juli 2016, kata juru bicara parlemen Turki pada hari Sabtu.

Perlawanan rakyat Turki memainkan peran terbesar untuk memberantas kudeta dan pola pikir mereka, kata Mustafa Sentop pada simposium melawan kudeta yang diadakan di Pulau Demokrasi dan Kebebasan.

Dia mengatakan rakyat Turki akan selalu melindungi konstitusi, demokrasi, pemilu, dan pemungutan suara dengan mengorbankan nyawa mereka.

Sentop mengatakan masa kudeta yang dimulai pada 27 Mei 1960 berakhir pada 15 Juli 2016, namun secara resmi ditutup oleh amandemen konstitusi pada 16 April 2017.

Dia menekankan bahwa perlu dicatat semua kudeta militer pada dasarnya tidak nasionalis serta melawan bangsa dan negara.

Turki mengenang kudeta berdarah 1980 setiap 12 September. Kudeta tersebut masih menjadi noda hitam dalam sejarah politik Turki.

Peristiwa itu dikenang sebagai kudeta yang menyebabkan penahanan ratusan ribu orang bersama dengan persidangan massal, penyiksaan dan eksekusi.

Empat puluh tahun yang lalu, Kepala Staf Umum Kenan Evren, tokoh utama kudeta militer, muncul di televisi dan menyatakan intervensi militer. Ia secara resmi mengkonfirmasikan kudeta yang secara drastis akan mempengaruhi Turki bertahun-tahun mendatang.

Penyiksaan, perlakuan buruk dan kondisi tidak sehat di penjara menyebabkan 299 orang tewas. Kudeta itu hingga kini masih menghantui hati nurani bangsa Turki.

Beberapa orang yang selamat mengatakan bahwa mereka mengalami penyiksaan fisik, mental dan spiritual selama bertahun-tahun.

Lebih dari 650.000 orang ditahan dan 230.000 diadili terutama karena alasan politik. Sebanyak 50 orang dieksekusi.

Sumber: Anadolu Agency English

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Muhammad Nur
Muhammad Nur
1 year ago

Negara kuat dan berdaulat, jika rakyatnya berani mati menentang Penguasa yang salah dan merugikan / membungkam Rakyat.

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: