- Advertisement -
Bilateral

Permainan politik Barat mendorong Turki dan Rusia lebih akrab

TURKINESIA.NET – Yury Barmin mengevaluasi hubungan Turki-Rusia dalam sebuah wawancara eksklusif dengan harian Yeni Şafak. Barmin adalah analis kebijakan luar negeri Rusia di Timur Tengah dan seorang ahli MENA di Dewan Urusan Internasional Rusia. Barmin percaya bahwa Turki dan Rusia akan meningkatkan kerja sama perdagangan dan militer, dan bahwa permainan politik yang dimainkan oleh Barat mendorong Ankara dan Mosclow lebih dekat bersama.

Hubungan antara Turki dan Rusia memburuk setelah pesawat jet Rusia ditembak jatuh pada 2015 namun baru-baru ini kembali membaik. Pada bulan Desember tahun lalu, Turki dan Rusia menandatangani perjanjian supaya Moskow memasok baterai rudal S-400 darat-ke-udara kepada Ankara, menyelesaikan kesepakatan yang ditetapkan untuk memperdalam hubungan militer antara Turki sebagai anggota NATO dengan Kremlin.

Yeni Safak: Apa pentingnya kunjungan Putin ke Turki? Apakah kunjungan tersebut memiliki arti yang lebih penting karena itu adalah kunjungan pertama Putin ke luar negeri setelah memenangkan pemilihan presiden Rusia?

Ada sejumlah masalah yang menonjol dalam hubungan bilateral mulai dari perdagangan yang lamban, visa untuk warga Turki dan masalah dengan pelaksanaan proyek pipa TurkStream hingga keraguan Rusia mengenai niat Ankara di Suriah utara. Jadi waktunya tepat bagi kedua presiden untuk bertemu dan membicarakan hal-hal ini. Fakta bahwa Putin memberi perhatian pada kunjungan pertamanya ke Turki setelah terpilih kembali merupakan suatu pertanda zaman. Moskow tentu saja membuat pernyataan bahwa kini sedang fokus pada pengembangan hubungan yang lebih kuat dengan Timur dan menempatkannya di hadapan Barat.

Bagaimana menurut Anda hubungan antara Turki dan Rusia akan berkembang? Di area mana ikatan akan berkembang?

Ciri yang paling kuat dari hubungan ini adalah perdagangan yang pernah dirugikan oleh putusnya hubungan sementara. Perdagangan barang-barang pertanian, pakaian, dan mesin masih perlu ditingkatkan. Hambatan harus dihapus. Rusia ingin bekerja lebih banyak dengan perusahaan konstruksi Turki juga.

Baca juga  PM Mahathir Mohamad kunjungi Industri Dirgantara Turki

Ada krisis yang sedang berlangsung antara Rusia dan negara-negara Barat. Akankah krisis ini mempengaruhi hubungan antara Moskow dan Ankara?

Saya tidak berpikir bahwa hubungan Rusia dengan Barat atau kekurangannya akan mempengaruhi hubungan dengan Turki. Bahkan saya melihat lebih banyak titik temu antara Moskow dan Ankara daripada antara Ankara dan Barat. Keanggotaan Turki di NATO tentu saja mengkhawatirkan bagi Rusia mengenai implikasinya dalam domain militer, tetapi saya memiliki perasaan bahwa Ankara bersedia menghilangkan ketakutan Putin dalam hal itu, itulah sebabnya mengapa kerjasama Rusia-Turki di Suriah telah ditingkatkan. Turki tidak mengambil sikap terhadap isu-isu yang terkait dengan krisis baru-baru ini antara Rusia-Barat, seperti dugaan kasus peracunan (terhadap agen ganda), yang tentu saja Rusia hargai (sikap Turki).

[adinserter name=”Block 1″]

Menurut Anda, apakah kerja sama antara kedua negara di Suriah akan berkembang lebih jauh di Timur Tengah atau di daerah lain?

Kehadiran militer Rusia yang meningkat di Suriah, termasuk pangkalan militernya di sana, berarti bahwa kedua negara harus menemukan cara-cara koordinasi baru di Mediterania Timur, misalnya. Moskow juga telah menganjurkan gagasan untuk menciptakan sistem keamanan kolektif regional yang akan mencakup orang-orang Arab, Iran, Israel dan Turki, tetapi gagasan ini kemungkinan akan menghadapi banyak penolakan untuk saat ini.

 

Bagaimana Anda menggambarkan istilah yang bersahabat antara Presiden Erdogan dan Presiden Putin?

Ada kemiripan tertentu antara kedua pemimpin, inilah yang membantu hubungan antara kedua negara. Krisis dalam hubungan mereka dua tahun lalu telah menjadi episode pahit, tetapi tampaknya hal itu menyebabkan kedua pemimpin menyadari bahwa hubungan mereka benar-benar penting, sesuatu yang tidak dimiliki Rusia dengan negara lain di Timur Tengah. Jadi saya percaya bahwa krisis singkat membuat hubungan antara Putin dan Erdogan semakin kuat. Selain itu, keduanya merasa bahwa Barat memainkan permainan politik yang rumit terhadap mereka, faktor lain yang membuat mereka lebih dekat satu sama lain.

Baca juga  Oposisi moderat kuasai desa utama di Suriah utara

 

Turki dan Rusia menetapkan tanggal awal untuk pengiriman sistem pertahanan S-400. Bagaimana Anda menggambarkan keputusan seperti itu diambil dalam menghadapi kritik dari negara-negara Barat dan NATO mengenai kesepakatan tersebut?

[adinserter name=”Block 1″]

Dari perspektif Rusia, keputusan ini mudah dijelaskan. Moskow khawatir bahwa Ankara mungkin masih membeli rudal Patriot dari AS berdasarkan pernyataan baru-baru ini dari Ankara, sehingga ia ingin mengirimkan S-400 lebih awal. Rusia melihat Turki untuk kerjasama militer-teknis jangka panjang. Putin mengatakan kemarin bahwa Moskow juga ingin memasok sistem persenjataan lain ke Turki. S-400 dalam konteks ini adalah awal yang baik untuk kerja sama ini. [Yeni Safak]

 

5 1 vote
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: