Jumat, Agustus 12, 2022
Teknologi

Perusahaan raksasa pertahanan Turki peroleh laba tinggi selama pandemi

Perusahaan raksasa pertahanan Turki peroleh laba tinggi selama pandemi - Turkinesia

TURKINESIA.NET –  ANKARA. Perusahaan pertahanan terkemuka, ASELSAN Turki, mencatatkan laba tertinggi paruh pertama, mencapai 1,8 miliar lira Turki ($ 285 juta).

Menurut pernyataan perusahaan yang dikirim ke Public Disclosure Platform (KAP), Selasa, pendapatan perusahaan dari Januari hingga Juni mencapai TL 5,2 miliar, tumbuh sebesar 13% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Laba kotor perusahaan tahun-ke-tahun juga melonjak 38% dalam enam bulan pertama tahun ini, sementara laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) meningkat 35% menjadi  1,3 miliar lira Turki.

Profitabilitas yang kuat dari raksasa pertahanan ini terus mendukung pertumbuhan ekuitas totalnya yang melampaui TL 15 miliar pada periode Januari-Juni.

Kepala perusahaan ASELSAN, Haluk Görgün mengatakan selama paruh pertama tahun 2020, sederet gangguan dan kontraksi terjadi pada volume produksi dan penjualan perusahaan, terutama di rantai pasok akibat pandemi.

Di sisi lain, Görgün mengatakan selama periode pandemi, “perusahaan diuji seberapa siap mereka menghadapi krisis seperti itu. Sejak saat efek pandemi mulai terlihat, ASELSAN mengambil langkah efektif menuju pengelolaan proses tersebut dengan membuat keputusan yang sangat cepat baik di dalam perusahaan maupun untuk semua pemangku kepentingan eksternal dan pemasoknya.”

Ia menggarisbawahi bahwa selama ini pihaknya bertujuan agar kelangsungan kegiatan usaha tidak terganggu dengan memperhatikan kesehatan karyawan sebagai prioritas utama.

Baca juga  Turki ciptakan software domestik untuk kontrol penuh sistem rudal S-400

“Kami memastikan kelangsungan bisnis ini dengan benar-benar memenuhi semua arahan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan dan semua organisasi terkait terkait pandemi,” tambahnya.

Görgün menekankan bahwa ASELSAN menjadi perusahaan industri pertahanan pertama yang memenuhi syarat untuk Covid-19 Safe Production / Secure Services Certification dengan memenuhi semua standar yang ditetapkan oleh Turkish Standards Institute.

Mengingat Turki merupakan salah satu negara di dunia yang menunjukkan penanganan pandemi terbaik, Görgün mengatakan dalam proses ini, ASELSAN juga menjadi salah satu anggota konsorsium produksi ventilator nasional yang dimulai di bawah kepemimpinan Kementerian Perindustrian dan Teknologi.

“Tahap pertama, 5.000 perangkat diproduksi, dan kebutuhan negara telah kami penuhi. Perangkat tersebut terus diekspor ke berbagai negara,” tandasnya.

Pesanan baru

Pernyataan itu juga mengatakan, terlepas dari pandemi, perusahaan menerima pesanan baru senilai $ 511 juta pada paruh pertama tahun ini.

Görgün menyatakan fakta bahwa 10% pesanan yang berasal dari pelanggan luar negeri penting untuk kelangsungan kegiatan pemasaran internasional tanpa gangguan dan menunjukkan daya saing produk ASELSAN.

Sumber: Daily Sabah

5 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: