- Advertisement -
Politik

PM Binali Yildirim dicalonkan sebagai ketua parlemen

Turkinesia.net – Ankara. Perdana Menteri Binali Yıldırım yang jabatannya akan dihapuskan karena Turki akan beralih ke sistem kepresidenan eksekutif pada hari Senin, pada hari Sabtu (07/07) dicalonkan oleh Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) sebagai Ketua atau Juru Bicara parlemen.

Naci Bostancı anggota parlemen dari Amasya terpilih sebagai ketua anggota parlemen partai AK dalam rapat tertutup pada hari Sabtu, membuat pengajuan bersama dengan wakil ketua kelompok anggota parlemen Istanbul Mehmet Muş, anggota parlemen dari Çanakkale Bülent Turan, anggota parlemen dari Denizli Cahit Özkan, anggota parlemen dari Tokat Özlem Zengin dan anggota parlemen dari Çankırı Emin Akbaşoğlu.

Dalam pidato pertama, Yildirim mengatakan: “Mudah-mudahan itu akan baik untuk negara dan bangsa kita. Beberapa kandidat lain mungkin muncul juga. Apa pun yang dikatakan parlemen kita, itulah hasilnya.”

Menurut protokol negara Turki, ketua parlemen adalah pejabat pemerintah peringkat tertinggi kedua. Ketua Parlemen saat ini, Ismail Kahraman yang menjabat selama dua periode, tidak dicalonkan kembali karena usia tuanya dan masalah kesehatan.

Para anggota parlemen telah bersidang di Parlemen hari Sabtu untuk upacara pengambilan sumpah dan rapat ini dipimpin oleh wakil rakyat dari Usak Durmuş Yilmaz dari Partai Baik (IYI Party – IP) sebagai wakil tertua.

Putaran pertama pemilihan ketua parlemen akan diadakan pada hari Kamis dan Yilmaz akan bertindak sebagai ketua parlemen sampai pemilihan selesai.

Dalam dua putaran pertama, dua pertiga mayoritas dicari untuk pemilihan ketua parlemen di parlemen yang memiliki 600 kursi. Yıldırım merupakan kandidat gabungan dari Partai AK dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) yang membentuk Aliansi Rakyat untuk pemilihan presiden dan parlementer 24 Juni dan memiliki 344 kursi gabungan. Yıldırım kemungkinan akan terpilih di babak ketiga.

Baca juga  PKS raih suara terbanyak pemilihan legislatif di TPS Turki

Sebelum pengumuman, Yıldırım datang bersama dengan Ketua Kahraman dan MHP, Devlet Bahçeli untuk pertemuan singkat.

Yıldırım, sekutu lama Erdogan, juga telah dikabarkan akan dicalonkan sebagai Walikota Istanbul dalam Pilkada yang dijadwalkan pada Maret 2019.

Wakil rakyat dari Istanbul Mustafa Şentop juga terpilih sebagai wakil ketua parlemen dalam pertemuan kelompok anggota parlemen partai AK.

Partai-partai lain di parlemen belum mengumumkan kandidat mereka.

 

Daily Sabah

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: