- Advertisement -
Indonesia-Turki

Presiden Erdogan akan berkunjung ke Indonesia bulan ini, berikut jadwal dan agendanya!

Presiden Turki Recep Tayyip ErdoganPresiden Turki Recep Tayyip Erdogan

ANKARA – Presiden Recep Tayyip Erdogan akan berkunjung ke Indonesia, Bahrain, dan Qatar bulan ini. Pengumuman itu disampaikan saat  berbicara pada konferensi pers setelah pertemuan kabinet di ibu kota Ankara.

Erdogan mengatakan bahwa dirinya juga akan mengunjungi Samarkand, Uzbekistan untuk pertemuan puncak Organisasi Negara-negara Turki (OTS) pada hari Kamis dan Jumat.

OTS, sebelumnya disebut Dewan Turki atau Dewan Kerjasama Negara Berbahasa Turki, adalah organisasi internasional yang terdiri dari negara-negara Turki independen terkemuka yang bekerja sama untuk meningkatkan hubungan dan persatuan di antara mereka sendiri.

Türkiye telah memprioritaskan kedaulatan, stabilitas, dan kesejahteraan negara-negara Turki di Asia Tengah sejak tahun 1990-an, kata Duta Besar Mercan saat berpidato di acara tersebut.

OTS awalnya muncul sebagai pertemuan puncak antara kepala negara Turki pada tahun 1991 dan akhirnya menjadi dewan internasional pada tahun 2009, mengadakan lebih dari 10 pertemuan puncak sejauh ini.

Erdogan kemudian akan menuju ke Bali, Indonesia pada hari Selasa dan Rabu berikutnya, 15-16 November, untuk KTT Pemimpin G20.

Presiden China dan AS, Xi Jinping dan Joe Biden, masing-masing, juga diharapkan menghadiri KTT G20 di Bali.

Setelah KTT, Erdogan akan mengunjungi negara Teluk Bahrain, dan pada 20 November, dia akan menuju ke tetangganya Qatar, tambahnya.

Bulan lalu, Türkiye dan Qatar menandatangani 11 kesepakatan kerja sama baru dalam pertemuan kedelapan Komite Strategis Tertinggi di Istanbul.

Türkiye dan Qatar membentuk Komite Strategis Tertinggi pada tahun 2014 sebagai mekanisme untuk dialog tingkat tinggi dan kerja sama bilateral.

Ankara dan Doha menikmati hubungan yang kuat, terutama sejak blokade 2017 negara Teluk oleh Arab Saudi dan lainnya. Kedua negara telah memperkuat hubungan militer dan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga  Baba Daud Rumi, Ulama Turki penyebar Islam di Tanah Melayu

Sumber: Daily Sabah

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: