- Advertisement -
Politik

Presiden Erdogan gunakan suaranya di Istanbul

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Presiden Turki sekaligus Ketua Partai AK Recep Tayyip Erdogan telah menggunakan suaranya pada pemilu lokal 31 Maret di SMP Saffet Cebi, distrik Uskudar, Istanbul.

Presiden Erdogan beserta istrinya Emine Erdogan mendatangi SMP Saffet Cebi pada pukul 13.50 waktu setempat dari kediamannya di Kisikli, Uskudar.

Setibanya di tempat pemungutan suara, Erdogan disambut oleh Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya, Walikota Istanbul Mevlut Uysal, Kepala daerah Uskudar Hilmi Turkmen, Ketua Partai AK cabang Provinsi Istanbul Bayram Senocak di pintu masuk sekolah.

Presiden Recep Tayyip Erdogan bersama istrinya Emine Erdoğan menunjukkan identitas mereka kepada petugas pemilu dan menggunakan suara di sebuah kabin yang telah disiapkan.

[adinserter name=”Block 1″]

Presiden Erdogan berada di urutan ke-18 dalam list nama pemilih, sedangkan Emine Erdogan berada di urutan sebelumnya yaitu ke-17.

Setelah menggunakan suaranya, Erdogan berbicara kepada para wartawan bahwa sesuai dengan catatan sipil, 56 juta pemilih seluruh Turki tengah mengikuti pemilu.

Erdogan menyayangkan dengan peristiwa berdarah di daerah Pütürge, kota Malatya yang menewaskan dua warganya.

“Kematian dua warga kami sangat membuat saya sedih sebagai Presiden dan juga teman-teman saya,” tutur Erdogan.

[adinserter name=”Block 1″]

Presiden Erdogan mengungkapkan bahwa Kementerian Kehakiman, Kementerian Dalam Negeri kini tengah melakukan semua penyelidikan dan investigasi kasus tersebut.

“Saya mengharapkan ampunan terhadap dua warga yang tewas dalam peristiwa pembunuhan tersebut. Saya juga berharap kesabaran untuk keluarga mereka.”

Erdogan berharap tak terjadi peristiwa tak diinginkan hingga pemilu berakhir. Dia juga mengatakan sesuai informasi yang diterima dari pihak berwenang bahwa pemilu tengah berlangsung dengan baik.

“Saya berharap hasil pemilu yang merupakan landasan demokrasi ini pada 1 April akan menambah lebih banyak kekuatan terhadap sistem pusat (sistem presidensil),” ujar Erdogan.

Baca juga  Jenderal dalang kudeta postmodern terhadap Erbakan tahun 1997 meninggal dunia

Erdogan menyerukan kepada seluruh rakyatnya, kepada semua orang yang punya hak memilih, “Harapan saya adalah kita menutup kotak suara malam ini dengan partisipasi tinggi.”

[adinserter name=”Block 1″]

Presiden Erdogan mengatakan akan mengikuti hasil pemilihan hingga beberapa saat di Istanbul, lantas dia akan bertolak ke Ankara.

Usai berbicara di hadapan wartawan Presiden Erdogan berbincang dengan para warga di halaman sekolah, berfoto bersama dan pengawal-pengawal Erdogan membagikan mainan kepada anak-anak. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: