Senin, Oktober 3, 2022
Eropa

Presiden Erdogan peringati 48 tahun Operasi Perdamaian Siprus

Operasi Perdamaian Siprus
Operasi Perdamaian Siprus

TURKINESIA.NET, ANKARA – Presiden Erdogan pada Rabu mengenang Operasi Perdamaian Siprus 1974, yang terbukti sangat penting dalam menyelamatkan rakyat Siprus Turki dari kampanye kekerasan etnis yang dilakukan oleh kelompok-kelompok Siprus Yunani.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-48 Operasi Perdamaian Siprus kami, yang meneggakkan hak, hukum, keberadaan, dan kedaulatan orang-orang Siprus Turki yang berdaulat, setara, dan pemilik bersama pulau itu,” kata Presiden Recep Tayyip Erdogan di Twitter.

Erdogan juga mengenang para veteran dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah gugur.

Serangan etnis yang dimulai pada awal 1960-an memaksa Siprus Turki mundur ke daerah kantong demi keselamatan mereka.

Pada 1974, kudeta Siprus Yunani yang bertujuan untuk aneksasi Yunani menyebabkan intervensi militer Turki sebagai kekuatan penjamin untuk melindungi Siprus Turki dari penganiayaan dan kekerasan.

Rauf Denktaş: Pendiri Republik Turki Siprus Utara

Republik Turki Siprus Utara (TRNC) didirikan pada tahun 1983.

Siprus dilanda dalam perselisihan selama beberapa dekade antara Siprus Yunani dan Siprus Turki, meski ada serangkaian upaya diplomatik oleh PBB untuk mencapai penyelesaian yang komprehensif.

Ini telah melihat proses perdamaian yang terputus-putus dalam beberapa tahun terakhir, termasuk inisiatif 2017 yang gagal di Swiss di bawah naungan negara-negara penjamin Turki, Yunani, dan Inggris.

Pemerintah Siprus Yunani memasuki Uni Eropa pada 2004, tahun yang sama ketika Siprus Yunani menggagalkan rencana Sekjen PBB saat itu Kofi Anan untuk mengakhiri perselisihan.

Sumber: Anadolu Agency

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: