Tuesday, March 5, 2024
Uncategorised

Presiden Turki: Setiap pemilu adalah ujian dan kesempatan

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) telah berhasil dalam pemilu lokal bulan lalu.

“Setiap pemilu adalah ujian, perjuangan, dan kesempatan bagi sebuah penilaian. Kami secara substansial berhasil dalam pemilu lokal 31 Maret,” kata Erdogan, berbicara pada pertemuan AKP, partai berkuasa Turki, di ibu kota Ankara.

Dia menyebut pemilihan walikota Istanbul  menjadi sebuah pertanyaan. “Semua keraguan harus dihilangkan sehingga orang merasa lega.”

Jutaan pemilih Turki memberikan suara mereka untuk memilih wali kota, anggota dewan kota, mukhtar (pejabat lingkungan), dan anggota dewan tua untuk lima tahun ke depan.

Ekrem Imamoglu, dari oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP), mengambil sumpah sebagai wali kota Istanbul awal bulan ini, di tengah keberangan Partai AK atas kecurangan dalam pemilihan.

Erdogan membantah rumor Partai AK telah menyerah dalam pemilu Istanbul.

Dia menegaskan partainya akan melanjutkan perjuangan hukumnya.

Berbicara tentang peristiwa tahun 1915, Erdogan mengatakan pemindahan warga Armenia bukan genosida atau bencana besar, yang terjadi pada situasi sulit satu abad  lalu.

“Jutaan orang Armenia tidak akan tinggal di Eropa, AS, Afrika Utara, Kaukasus, jika tuduhan terhadap kami benar,” tambah Erdogan.

Bagi Turki, kematian orang-orang Armenia di Anatolia timur pada 1915 terjadi ketika sejumlah pihak memihak Rusia dan memberontak melawan pasukan Ottoman.

[adinserter name=”Block 1″]

Pemindahan warga Armenia berikutnya juga menimbulkan banyak korban.

Turki menolak penyebutan insiden itu sebagai genosida, tetapi menggambarkan peristiwa 1915 sebagai tragedi bagi kedua belah pihak.

Ankara telah berulang kali mengusulkan pembentukan komisi gabungan para sejarawan dari Turki dan Armenia serta para pakar internasional untuk menyelesaikan masalah ini. [Anadolu Agency]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d