Senin, Agustus 8, 2022
Lifestyle

Proyek taman kota raksasa di Istanbul

Turkinesia.net – Sebuah proyek taman kota skala besar di Istanbul, yang diumumkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan telah membuat sektor pariwisata bergairah.

Saat deklarasi pemilu Partai AK di Ankara, Erdogan mengatakan bahwa “taman kota yang luar biasa” akan dibangun di daerah di mana Bandara Internasional Atatürk Istanbul saat ini berada.

Sementara itu, seorang pakar pariwisata, Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Turki (TÜRSAB) Firuz Bağlıkaya, menekankan bahwa, ketika selesai, taman akan menarik lebih dari satu juta wisatawan ke kota setiap tahunnya.

Dia menjelaskan bahwa semua kota besar di dunia memiliki taman raksasa dan menjadi terkenal dengan taman tersebut. Bağlıkaya mengatakan taman juga bisa menjadi pusat atraksi bagi Istanbul. Dia menekankan bahwa mereka berencana membuat taman terbesar ketiga di dunia dengan 11,7 juta meter persegi untuk menarik jutaan wisatawan. Dia mengatakan mereka akan menyediakan ruang terbuka hijau untuk rakyat.

“Sama seperti Central Park di New York dan Hyde Park di London, taman kota akan menjadi landmark Istanbul,” katanya.

Dia menambahkan bahwa jumlah wisatawan di Istanbul telah mencapai 4 juta lebih pada akhir April.

“Ada peningkatan 55 persen dibandingkan tahun lalu. Jumlah wisatawan ke Istanbul akan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang dengan pengenalan nilai-nilai seperti taman kota dan Bandara Baru Istanbul,” lanjutnya.

Sementara itu, Ibrahim Halil Korkmaz, ketua Asosiasi Pariwisata Istanbul (ISTTA), mengatakan “taman kota harus mengadakan acara seperti konser, pameran, even dua tahunan dan ruang hijau.”

 

“Kami akan menjadikan daerah itu sebagai pusat daya tarik tanpa membuang satu sen pun dari (kas) negara. Kami akan mencari pendanaan dari luar negeri,” tambahnya.

Korkmaz mengingatkan kembali bahwa mereka menyarankan untuk membangun Disneyland di daerah itu sebelum proyek diumumkan.

Baca juga  WHO puji peran duta Turki untuk tingkatkan kesadaran Covid-19

“Kami pikir roda Ferris yang besar, seperti London Eye, harus dibangun. Turis yang menaikinya akan bisa mendapatkan pemandangan Istanbul dari atas,” tambahnya.

Ketua Hotel Asosiasi Turki (TÜROB) Timur Bayındır mengatakan bahwa “ada beberapa rumor bahwa Bandara Atatürk akan menjadi area konstruksi.”

“Sebaliknya, gagasan membuat taman raksasa adalah langkah yang sangat elegan. Istanbul sangat membutuhkan taman seperti itu,” katanya. Bayındır mengatakan mereka percaya itu akan menjadi taman fungsional.

“Kami berpikir bahwa taman ini akan digunakan seperti daerah İzmir International Fair karena taman dekat dengan pusat pameran. Untuk alasan ini, beberapa bangunan dapat digunakan untuk tempat terbuka bukan menghancurkan segalanya,” katanya.

 

 

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: