- Advertisement -
BilateralDunia Islam

Putin undang Erdogan untuk peresmian masjid agung Crimea

TURKINESIA.NET – SIMFEROPOL. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan telah mengundang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk peresmian Masjid sentral di Crimea.

“Saya sudah mengundang Presiden Turki Erdogan. Dia tahu tentang itu dan, sejauh yang saya mengerti, dia sangat positif tentang undangan ini. Kami akan menunggu dan melihat apakah dia punya waktu dan kesempatan untuk tiba di sini,” kata Putin.

Putin mengatakan bahwa Rusia akan mengembangkan hubungan dengan Turki dan teman di negara lainnya.

Gagasan untuk mengundang Erdogan ke upacara tersebut disebutkan oleh Mufti Muslim Haji Emirali Ablaev.

“Izinkan saya mengundang Anda ke pembukaan Masjid sentral. Akan lebih tepat jika Anda mungkin memutuskan untuk mengundang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dia tidak akan menolak undangan Anda,” kata Ablaev.

Masjid Pusat di Simferopol dibangun di area seluas 5.700 meter persegi dan menampung 2.600.  Masjid mulai dibangun pada Oktober 2016. Akan selesai diberikan pada akhir 2019.

Putin mengatakan bahwa semua agama tradisional, termasuk Islam, memberikan kontribusi nyata dan konstruktif bagi perdamaian antar agama.

Putin mengatakan Muslim Crimea telah lama bermimpi memiliki Masjid sentral sendiri.

“Semakin banyak Muslim dari negara ini yang melakukan haji ke Arab Saudi. Kami menjaga hubungan dengan teman-teman kami di Arab Saudi. Mereka sangat membantu dalam mengatur perjalanan seperti itu. Kami akan terus bekerja di sepanjang garis ini,” kata Putin. [Tass]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: