Selasa, Agustus 9, 2022
Palestina

Qatar bantu bangun ulang Gaza, kucurkan dana 7,1 Triliun

Qatar bantu bangun ulang Gaza, kucurkan dana 7,1 Triliun - Turkinesia

TURKINESIA.NET – DOHA. Qatar akan mengucurkan dana 500 juta dolar AS atau atau lebih dari Rp 7,1 triliun untuk rekonstruksi di Jalur Gaza menyusul gencatan senjata yang mengakhiri pertempuran terburuk dalam beberapa tahun antara Israel dan kelompok pejuang Palestina.

“Qatar mengumumkan sediakan 500 juta dolar AS untuk mendukung rekonstruksi Gaza,” kata Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani dalam sebuah tweet pada hari Rabu.

“Kami akan terus mendukung saudara-saudara kami di Palestina untuk mencapai solusi yang adil dan langgeng dengan mendirikan negara merdeka mereka.”

Qatar sering menjadi penengah antara Israel dan Hamas, kelompok Palestina yang telah menguasai Gaza sejak 2007. Sebelumnya, negara Teluk itu juga telah menyumbangkan ratusan juta dolar dalam bantuan kemanusiaan dan pembangunan untuk mendukung gencatan senjata.

Dana tersebut bertujuan untuk membantu warga Gaza Palestina “menghadapi tantangan hidup yang ditimbulkan oleh serangan Israel baru-baru ini, dan untuk berkontribusi pada rekonstruksi fasilitas layanan di Gaza… di samping rumah-rumah yang dihancurkan”, lapor kantor berita resmi QNA.

Baku tembak terburuk dalam beberapa tahun antara Israel dan kelompok pejuang Palestina di Gaza dimulai pada 10 Mei setelah pasukan Israel menindak pengunjuk rasa di kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem, situs tersuci ketiga Islam, yang juga dipuja oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount.

Menurut kementerian kesehatan di Gaza, dalam 11 hari pertempuran, serangan udara dan tembakan artileri Israel di Gaza menewaskan 254 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, dan melukai lebih dari 1.900 orang.

Sedikitnya 12 orang tewas di Israel akibat serangan roket dan tembakan lainnya dari kelompok bersenjata di Gaza, menurut petugas medis. Sekitar 357 orang di Israel terluka dalam serangan itu.

Baca juga  Pangeran MBS sebut Turki-Qatar-Iran sebagai “Segitiga Setan”, picu kemarahan rakyat Turki di Sosmed

Upaya diplomatik sedang dilakukan untuk memperkuat gencatan senjata yang ditengahi Mesir yang menghentikan pertempuran, dengan rencana untuk membangun kembali Jalur Gaza di mana serangan udara Israel menyebabkan kerusakan luas, merusak infrastruktur dan meratakan bangunan.

Pekan lalu Kairo juga menjanjikan $ 500 juta untuk rekonstruksi Gaza yang telah diblokade Israel selama lebih dari 13 tahun.

Sumber: Aljazeera

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: