Senin, Agustus 8, 2022
Timur Tengah

Qatar sambut baik langkah Turki normalisasi hubungan dengan Arab Saudi & Mesir

Qatar sambut baik langkah Turki normalisasi hubungan dengan Arab Saudi & Mesir - Turkinesia

TURKINESIA.NET – DOHA. Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani pada Kamis menyambut baik langkah-langkah sekutu Doha, Turki, untuk memperbaiki hubungan dengan Arab Saudi dan Mesir dan mendesak kedua negara Arab tersebut untuk terus berhubungan dengan Ankara.

Ia juga mengusulkan agar negara-negara Teluk dan Iran menyetujui format dialog untuk mengatasi kekhawatiran dan menyelesaikan ketegangan regional.

“Kawasan itu perlu merasakan stabilitas dan perlu meminta semua pemain di kawasan itu bersatu dan berdialog untuk menenangkan semua ketegangan ini,” katanya kepada Reuters.

“GCC (Dewan Kerjasama Teluk) perlu duduk bersama Iran dan menyetujui format regional di antara kita untuk mengatasi kekhawatiran GCC dan kekhawatiran apa pun yang juga dimiliki Iran,” katanya.

Muslim Sunni Arab Saudi dan Syiah Iran telah terkurung dalam persaingan yang telah dimainkan dalam perang proksi di seluruh wilayah.

Bulan lalu, para pejabat Saudi dan Iran mengadakan pembicaraan di Irak yang bertujuan untuk meredakan ketegangan.

Qatar menikmati hubungan baik dengan Iran serta Turki, yang merupakan salah satu faktor penyebab Riyadh dan sekutu Arabnya memutuskan semua hubungan dengan Doha pada 2017.

Pada bulan Januari, Arab Saudi mengumumkan kesepakatan antara empat negara yang juga termasuk Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab, untuk mengakhiri perselisihan dengan Qatar.

Minggu depan, menteri luar negeri Turki diperkirakan akan mengunjungi Arab Saudi untuk mengadakan pembicaraan. Perjalanan itu merupakan tindak lanjut pembicaraan Turki minggu ini dengan Mesir yang juga bertujuan untuk menormalkan hubungan.

“Saya yakin jika semua pemain itu akan bersatu, ini akan berdampak signifikan pada stabilitas regional,” kataMenlu Qatar.

Sumber: Daily Sabah

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: