Senin, Oktober 3, 2022
Timur Tengah

Qatar sumbang 100 juta USD untuk bantuan kemanusiaan di Yaman

Qatar sumbang 100 juta USD untuk bantuan kemanusiaan di Yaman - Turkinesia

TURKINESIA.NET – DOHA. Emir Qatar Sheikh Tamim Bin Hamad Al-Thani telah menginstruksikan otoritas negaranya untuk mengalokasikan 100 juta USD untuk mencegah kelaparan di Yaman dan mendukung upaya PBB untuk menjaga keamanan pangan di negara yang dilanda perang itu.

“Emir negara itu telah memerintahkan alokasi 100 juta USD untuk mendukung upaya Program Pangan Dunia PBB (WFP) di Yaman, mendukung ketahanan pangan dan mencegah kelaparan,” lapor Kantor Berita Qatar (QNA) pada Rabu.

QNA menjelaskan bahwa dana tersebut akan dialokasikan untuk mendukung program bantuan dan kemanusiaan PBB yang mendesak guna meringankan tragedi kemanusiaan yang semakin parah di Yaman.

Doha sebelumnya telah menjanjikan 70 juta USD untuk mendukung rencana tanggapan PBB di Yaman selama Konferensi Donor Yaman Maret lalu.

PBB telah meminta negara-negara donor untuk menyumbangkan 3,85 miliar USD untuk mendanai bantuan kemanusiaan di Yaman pada tahun 2021, sambil menekankan bahwa dua pertiga dari populasi membutuhkan bantuan.

Selama hampir lima tahun, Yaman telah menyaksikan perang antara pasukan pro-pemerintah dan milisi Houthi yang didukung Iran, yang telah menguasai banyak  provinsi Yaman, termasuk ibu kota, Sanaa, sejak September 2014.

Sejak Maret 2015, koalisi militer Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi telah mendukung pasukan pemerintah melawan Houthi.

Sumber: MEMO

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: