Selasa, Agustus 9, 2022
Eropa

Rakyat Ukraina puji upaya Turki untuk akhiri perang Rusia-Ukraina

perang Ukraina

TURKINESIA.NET – KYIV. Masyarakat Ukraina mengapresiasi langkah politik Turki untuk mengakhiri perang yang diluncurkan Rusia di Ukraina pada 24 Februari.

Anadolu Agency mewawancarai warga sipil Ukraina di pusat kota Kyiv untuk mendengar perspektif mereka tentang proses mediasi yang dipimpin oleh Turki untuk perdamaian abadi di negara itu.

“Saya lahir dan besar di Kyiv dan saya benar-benar khawatir tentang perang yang sedang berlangsung di negara saya,” kata seorang wanita muda Ukraina, Irina.

“Banyak negara mendukung kami, tetapi dukungan Turki, khususnya, sangat penting.”

Dia berterima kasih kepada Ankara karena menyediakan kondisi yang aman yang memastikan kelanjutan proses negosiasi dengan Rusia, tetapi dia mencatat bahwa Ukraina sebenarnya tidak mempercayai Rusia selama proses ini.

Artiom, warga Kyiv lainnya, mengatakan Ukraina sepenuhnya menyadari dukungan Turki dan pendekatan hangat presidennya terhadap Ukraina dan mereka menyambut baik dukungan rakyat Turki.

Denis Adamenko warga Ukraina lainnya yang hidupnya sangat terpuruk akibat perang dan mengungsi karena serangan Rusia, sementara dia berharap hasil positif bisa keluar dari upaya negosiasi di Istanbul.

“Kami merasakan dukungan signifikan dari Turki. Orang biasanya mengharapkan hasil positif dari negosiasi. Kami berkeinginan agar negosiasi ini membawa hasil yang menguntungkan,” kata Adamenko.

Menyoroti Rusia menderita banyak korban di tengah perang yang berkecamuk, dia mengatakan pasukan Rusia mulai menarik diri dari wilayah Kyiv.

Turkiye memberikan dukungan dan kepercayaan diri kepada kami, tambah dia.

Perang Rusia di Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari, telah memicu kemarahan internasional, yang mana Uni Eropa, AS, dan Inggris menerapkan sanksi keuangan yang keras terhadap Moskow.

Setidaknya 1.189 warga sipil telah tewas dan 1.901 telah terluka di Ukraina, dan angka sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi, menurut PBB.

Baca juga  Josep Borrell: Hubungan kuat dengan Turki akan sangat berkontribusi pada stabilitas Uni Eropa

Lebih dari 4 juta warga Ukraina juga telah melarikan diri ke negara lain, dengan jutaan lainnya mengungsi, menurut badan pengungsi PBB.

Sumber:
https://www.aa.com.tr/id/dunia/rakyat-ukraina-puji-upaya-turki-untuk-akhiri-perang-rusia-ukraina/2550752

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: