Senin, Oktober 3, 2022
Sejarah

Restorasi jembatan era Ottoman berusia lima abad rampung

TURKINESIA.NET – Corum. Pekerjaan restorasi jembatan Koyunbaba berusia lima abad yang terletak di sepanjang Jalur Sutra di provinsi Çorum pusat Turki telah selesai setelah lima tahun, menurut laporan Selasa (25/12).

Jembatan Koyunbaba dibangun di atas Sungai Kızılırmak di distrik Osmancık antara tahun 1485 dan 1489 atas permintaan Sultan Bayezid II untuk memfasilitasi transisi kafilah unta melintasi sungai yang terletak di Jalan Sutra yang bersejarah.

Jembatan ini dikenal sebagai salah satu struktur sejarah langka yang telah bertahan selama lima abad.

Jembatan 15 melengkung adalah salah satu jembatan bersejarah terbesar di Anatolia dengan panjang 250 meter, tinggi 25 meter dan lebar 7 meter.

Selama berabad-abad, delapan lengkungan jembatan terkubur di bawah tanah oleh tanah yang digerakkan oleh sungai.

Pada tahun 2014, Direktorat Bina Marga Regional ketujuh meluncurkan pekerjaan restorasi yang menggali bagian-bagian jembatan yang terkubur.

Gubernur Mustafa Çiftçi mengatakan kepada wartawan bahwa 99 persen dari pekerjaan restorasi telah selesai, lapor Anadolu Agency.

Çiftçi mengatakan bahwa sentuhan terakhir sedang dibuat saat ini untuk menyelesaikan pekerjaan dan seluruh proyek akan selesai dalam 10 hari.

[adinserter name=”Block 1″]

Walikota Osmancik Hamza Karataş mengatakan bahwa pekerjaan sedang dilakukan dengan hati-hati karena menjaga nilai historis jembatan. Karatas  menambahkan: “Semua tahap proyek sedang diperiksa secara rinci,” mencatat bahwa jembatan bersejarah yang merupakan simbol distrik, dikembalikan ke versi aslinya pada akhir 5 tahun proses restorasi.

Nama jembatan ini diambil dari penyair sufi Turki terkemuka Seyyid Ali yang nama panggilannya adalah Koyunbaba dan diketahui datang ke Anatolia dari wilayah Khorasan. Tempat Seyyid Ali yang dianggap keramat juga terletak di provinsi Çorum. [Daily Sabah]

Baca juga  Kekaisaran Ottoman terima bangsa Yahudi yang diusir dari Spanyol

 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: