Sabtu, Agustus 13, 2022
Ekonomi

Rolls-Royce tunjuk WN Turki Tufan Erginbilgi sebagai CEO

CEO Rolls-Royce Tufan Erginbilgiç
CEO Rolls-Royce Tufan Erginbilgiç

TURKINESIA.NET, ANKARA – Tufan Erginbilgiç telah ditunjuk sebagai chief executive officer Rolls-Royce baru dan direktur eksekutif, perusahaan mengumumkan pada hari Selasa.

Mantan eksekutif BP dan warga negara Turki, Erginbilgi menggantikan Warren East, yang mengundurkan diri pada akhir tahun.

Perusahaan yang juga memiliki unit pertahanan dan sistem tenaga, mengatakan Erginbilgiç akan mengambil peran barunya pada 1 Januari.

East, yang mengumumkan kepergiannya pada bulan Februari, menyederhanakan Rolls dengan memotong lapisan manajemen dan biaya, sebelum mengarahkan perusahaan melalui pandemi terburuk.

Pendapatan kelompok perusahaan ini anjlok, menghabiskan lebih dari 5,5 miliar pound ($ 6,62 miliar) uang tunai sebagai pendapatan yang berasal dari jam terbang mesin di pesawat.

Erginbilgiç, seorang warga negara Turki dan Inggris dengan latar belakang teknik, menghabiskan lebih dari 20 tahun dengan jurusan minyak, termasuk lima tahun sebagai bagian dari tim eksekutifnya.

Dia memimpin bisnis hilir BP sampai dia meninggalkan perusahaan pada tahun 2020, dan saat ini dia adalah mitra di Global Infrastructure Partners (GIP), sebuah perusahaan ekuitas swasta yang berfokus pada investasi skala besar dalam bisnis infrastruktur serta mengelola $81 miliar untuk investor.

“Saya merasa terhormat untuk bergabung dengan Rolls-Royce pada saat peluang komersial dan evolusi strategis yang signifikan saat pelanggannya merangkul transisi energi,” kata Erginbilgiç.

“Saya bertekad untuk memberikan potensi penuh dari posisi pasar yang telah dibangun perusahaan selama bertahun-tahun, melalui keunggulan teknik dan teknologi inovatifnya, dan untuk membangun platform pertumbuhan guna menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan.”

Mengomentari penunjukan tersebut, ketua Anita Frew mengatakan Erginbilgiç “memiliki pengalaman strategis dan operasional yang luas dan pemahaman yang kuat tentang industri kritis keselamatan, termasuk kedirgantaraan, serta tantangan dan peluang komersial yang disajikan oleh dorongan untuk teknologi rendah karbon.”

Baca juga  Erdogan: Turki kirim bantuan medis ke Spanyol dan Italia

“Dia memiliki rekam jejak yang kuat untuk eksekusi, pengiriman, dan penciptaan nilai yang signifikan.”

Erginbilgiç, yang bergabung dengan BP pada tahun 1997, mengawasi perluasan bisnis hilir perusahaan energi, yang meliputi penyulingan, ritel dan petrokimia, menjadi pengisian kendaraan listrik, dan menambahkan ribuan pompa bensin di negara berkembang seperti India dan Meksiko.

Dia juga memimpin modernisasi bisnis pemurnian BP, sektor yang sangat kompetitif, termasuk melalui penjualan sejumlah pabrik.

Dia meninggalkan BP tidak lama setelah Bernard Looney ditunjuk sebagai CEO, posisi yang dia perjuangkan, bersama dengan mantan CFO BP Brian Gilvary.

Erginbilgiç saat ini adalah direktur non-eksekutif produsen kendaraan transportasi multinasional Iveco Group; kelompok energi, perawatan kesehatan dan teknologi DCC plc; dan raksasa penyulingan Turki Tüpraş.

Tufan akan meninjau keterlibatannya dalam posisi ini, kata perusahaan itu.

Saham Rolls-Royce, yang nilainya turun 67% selama tujuh tahun masa jabatan East, diperdagangkan turun 0,2% pada Selasa pagi.

Erginbilgiç akan menerima gaji pokok sebesar 1,25 juta pound, kata Rolls-Royce, dan dia juga akan diberikan dua tahap saham, masing-masing senilai 3,75 juta pound.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: