Senin, Oktober 3, 2022
Timur Tengah

Rusia kerahkan pesawat pembom berkemampuan nuklir ke pangkalan militer di Suriah

Rusia kerahkan pesawat pembom berkemampuan nuklir ke pangkalan militer di Suriah - Turkinesia

TURKINESIA.NET – DAMASKUS. Dalam langkah terbaru untuk memperkuat pengaruhnya di kawasan Mediterania, pada hari Selasa Rusia mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan tiga pembom jarak jauh berkemampuan nuklir ke pangkalan militernya di Suriah.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa tiga pembom Tu-22M3 telah tiba di pangkalan udara Hemeimeem yang terletak di provinsi pesisir Latakia Suriah dan pusat utama operasi Moskow di negara itu.

Kementerian tersebut mengatakan, kru pembom akan menerbangkan serangkaian misi pelatihan di atas Mediterania. Tupolev Tu-22M3 yang diberi nama kode Backfire oleh NATO, adalah pembom jarak jauh bermesin ganda supersonik yang mampu membawa senjata nuklir dan memiliki jangkauan melebihi 5.000 kilometer (3.100 mil).

Rusia telah melancarkan kampanye militer di Suriah sejak September 2015 yang memungkinkan rezim Bashar Assad untuk merebut kembali kendali atas sebagian besar negara setelah perang sipil yang mengerikan.

Kementerian Rusia mengatakan bahwa landasan di Hemeimeem telah diperpanjang untuk menampung pembom berat dan landasan kedua telah dimodernisasi.

Rusia juga telah memperluas dan memodifikasi pangkalan angkatan laut di pelabuhan Tartus Suriah, satu-satunya fasilitas yang dimiliki Rusia saat ini di luar bekas Uni Soviet.

Sebagai bagian dari upaya Presiden Vladimir Putin untuk memperkuat militer Rusia di tengah ketegangan dengan Barat, angkatan laut Rusia dalam beberapa tahun terakhir telah menghidupkan kembali praktik era Soviet yang terus-menerus merotasi kapal perangnya di Mediterania.

Pengerahan pesawat pengebom menandai pertama kalinya Moskow menempatkan pembom berat di wilayah tersebut sejak masa Perang Dingin.

Sekitar 60 Tu-22M3 diperkirakan tetap beroperasi dengan angkatan udara Rusia, dan beberapa telah menerbangkan misi pemboman untuk menyerang militan di Suriah dari pangkalan mereka di Rusia.

Baca juga  Menlu Turki: Kami tidak takut pada sanksi

Laporan media Rusia mengatakan bahwa Tu-22M3 dapat dimodernisasi untuk membawa rudal hipersonik terbaru.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: