- Advertisement -
TeknologiTurki

Rusia tawarkan transfer teknologi ruang angkasa kepada Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki memiliki segala yang dibutuhkannya dalam daftar kekuatan antariksa dan Rusia bersedia membantu Ankara mewujudkan kepentingannya di luar angkasa, kata kepala badan antariksa Rusia, Roscosmos Dmitry Rogozin.

Dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency yang diterbitkan Rabu, Rogozin mengatakan Rusia siap membantu Turki mengembangkan roket dan orbit pesawat ruang angkasa.

“Jika Turki menganggap perlu untuk menciptakan teknologi roket, maka kami siap membantu dengan mesin dan mentransfer teknologi tertentu. Kami dapat memasok komponen terpisah untuk beberapa proyek Turki, misalnya mesin, sistem kontrol, dan banyak lagi. Kami tidak melihat keterbatasan serius di sini, dan dalam hal ini, Turki dapat mengandalkan dukungan Rusia,” tegasnya.

Menurut pejabat Rusia, angkasa juga terkait dengan keamanan suatu negara, dan “untuk Turki ini sangat benar, karena negara itu [Turki] berada dalam lingkungan yang sulit.”

“Oleh karena itu, kerja sama dengan Rusia dalam pengembangan orbit pesawat ruang angkasa yang mampu membuat survei terperinci dan memberikan perkiraan akurat akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan Turki kami. Kami siap untuk membahas ini,” katanya.

Rogozin juga mengatakan Turki dapat bergabung dengan proyek gabungan Rusia-Kazakh tentang penggunaan Kosmodrom Baikonur, menekankan bahwa Kazakhstan memiliki hubungan persahabatan dengan Ankara dan Moskow.

“Roscosmos siap untuk menyediakan roketnya sehingga Turki dapat meluncurkan pesawat ruang angkasa. Kita bisa membuat proyek antara tiga negara dan mengambil keuntungan dari infrastruktur unik di Baikonur,” tambahnya.

[adinserter block=”1″]

Dalam skenario ini, Turki akan mengatur peluncuran, Rusia akan membantu dengan transfer teknologi, sementara Kazakhstan akan menyediakan pelabuhan antariksa. Kazakhstan telah menyewakan Baikonur ke Rusia hingga tahun 2050.

Roscosmos menawarkan kepada Presiden Recep Tayyip Erdoğan untuk mengirim seorang astronot Turki ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) bulan lalu selama berlangsungnya pameran dirgantara MAKS-2019 dekat Moskow pada bulan Agustus.

Baca juga  Turki bangun terowongan angin subsonik besar untuk uji pesawat tempur nasional

Tawaran Moskow untuk mengirim astronot Turki ke luar angkasa juga sangat alami, katanya, sambil menambahkan, “Kami ingin melihat pilot dan pakar Turki di Cosmonaut Training Center. Kita dapat dengan cepat melatih astronot dan asistennya dan membuat mereka pergi ke ISS di tahun-tahun mendatang. ”

Rusia akan senang menawarkan fasilitasnya kepada astronot Turki, tambah Rogozin.

[adinserter block=”1″]

Ia melanjutkan, astronot Turki pertama mungkin akan terbang ke luar angkasa pada 2023 – bertepatan peringatan ke-100 Republik Turki,

“Kerja sama antara negara kita sekarang sangat tinggi. Ketika perjanjian tentang sistem pertahanan udara S-400 ditandatangani, kerja sama kami mencapai tingkat baru,” kata Rogozin, menambahkan bahwa Moskow menyadari nilai perlawanan Turki terhadap tekanan atas pembelian sistem pertahanan udara Rusia. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: