Senin, Agustus 15, 2022
Eropa

Sah! Kanada mulai berlakukan boikot teknologi militer atas Turki

Sah! Kanada mulai berlakukan boikot teknologi militer atas Turki - Turkinesia

TURKINESIA.NET – OTTAWA. Kanada membatalkan izin ekspor untuk teknologi drone ke Turki setelah menyimpulkan bahwa negara itu menjual peralatan tersebut kepada pasukan militer Azerbaijan selama pertempuran di Nagorno-Karabakh yang diduduki Armenia, kata Menteri Luar Negeri Marc Garneau, Senin.

Pengiriman senjata dari Kanada, Oktober tahun lalu, dihentikan seiring dilakukannya penyelidikan atas tuduhan bahwa sistem pencitraan dan penargetan Kanada digunakan pada pesawat nirawak yang digunakan oleh Azerbaijan dalam konflik dengan Armenia.

“Pascaevaluasi itu, diketemukan bukti kredibel bahwa teknologi Kanada yang diekspor ke Turki digunakan di Nagorno-Karabakh. Hari ini, saya mengumumkan pembatalan dari izin ekspor senjata yang dibekukan pada tahun lalu,” ujar Menteri Luar Negeri Kanada Marc Garneau.

“Penggunaan ini tidak konsisten dengan kebijakan luar negeri Kanada, atau jaminan penggunaan akhir yang diberikan oleh Turki,” kata Garneau. Dia telah menyampaikan keprihatinannya kepada Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu pada hari sebelumnya.

Kedutaan Besar Turki di Ottawa memberi tanggapan mengenai hal tersebut. “Kami berharap sekutu NATO kami menghindari langkah-langkah tidak konstruktif yang akan berdampak negatif pada hubungan bilateral kami dan merusak solidaritas aliansi,” kata kedutaan.

Sebelumnya pada Senin, Turki mengatakan Cavusoglu telah mendesak Kanada untuk meninjau kembali pembatasan industri pertahanan. Bagian yang diembargo termasuk sistem kamera untuk drone bersenjata Baykar.

“Dia menyampaikan keprihatinan tentang sikap Kanada terhadap pembatasan industri pertahanan yang diberlakukan di Turki dan meminta peninjauan mereka,” kata sumber kementerian luar negeri.

Ekspor militer Turki ke Azerbaijan melonjak enam kali lipat tahun lalu.  Penjualan drone dan peralatan militer lainnya naik menjadi 77 juta dolar AS pada September saja sebelum pertempuran pecah di wilayah Nagorno-Karabakh.

Baca juga  Belum usai kebakaran di Turki, si jago merah amuk Yunani, gelombang panas terburuk sejak 1987 perburuk keadaan

Bagian yang diembargo termasuk sistem kamera untuk drone bersenjata Baykar. Lisensi ekspor ditangguhkan pada 2019 selama aktivitas militer Turki di Suriah. Pembatasan kemudian dilonggarkan tetapi diberlakukan kembali selama konflik Nagorno-Karabakh.

Larangan ekspor itu mencakup 29 izin dan berlaku pada sejumlah produk serta teknologi militer termasuk komponen untuk produksi pesawat, perangkat lunak dan data teknis untuk simulator penerbangan, peralatan satelit, dan komponen senjata api. Nilai ekspor senjata Kanada ke Turki pada 2019 diperkirakan bernilai lebih dari Can$150 juta. []

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: