Selasa, Agustus 9, 2022
Asia

Sekjen NATO mengaku terkejut dengan kemajuan Taliban

Turki kecam Yunani yang tolak akui mufti terpilih di Trakia Barat - Turkinesia

TURKINESIA.NET – BRUSSEL. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa runtuhnya pemerintahan Afghanistan datang sebagai “kejutan.” Ia juga mengatakan fokus utama aliansi militer adalah untuk mengevakuasi warga.

Pada hari Selasa, Stoltenberg meminta Taliban untuk memfasilitasi kepergian semua orang yang ingin meninggalkan Afghanistan. Dia mengatakan aliansi pertahanan Barat telah setuju untuk mengirim pesawat evakuasi tambahan ke Kabul.

Menurutnya, NATO menyadari risiko bahwa Taliban bisa mendapatkan kembali kendali Afghanistan, namun keruntuhan pemerintah yang tiba-tiba itu masih mengejutkan. Dia menyalahkan “kegagalan kepemimpinan Afghanistan” atas pengambilalihan Taliban.

“Mereka yang sekarang mengambil alih kekuasaan memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa teroris internasional tidak mendapatkan kembali pijakannya,” katanya kepada wartawan di Brussels.

“Sebagian dari pasukan keamanan Afghanistan bertempur dengan berani. Tetapi mereka tidak dapat mengamankan negara itu karena pada akhirnya kepemimpinan politik Afghanistan gagal melawan Taliban dan mencapai solusi damai yang sangat orang Afghanistan inginkan.”

“Rencananya adalah untuk membangun negara Afghanistan, tidak tinggal di sana selamanya,” kata Stoltenberg.

Kepala NATO juga mengatakan dunia akan mengawasi dan harus terus mendukung Afghanistan yang stabil dan damai.

Sumber: Daily Sabah

4 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Salim
Salim
11 months ago

Berikutnya benua eropa yang akan jatuh ke tangan umat muslim, bukan lewat perang tapi rakyat eropa sendiri yang akan berbondong-bondong masuk Islam dengan sendirinya

Ibang
11 months ago

Memprediksi Pemerintah akan bertahan dalam 90 hari tapi runtuh hanya dalam kurang dari 2 pekan. Menunjukan betapa lemahnya Inteljen Amerika dan Sekutunya.

error: Content is protected !!
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: