Rabu, Oktober 5, 2022
Palestina

Senjata makan tuan, IDF akui Iron Dome tak sengaja tembak drone Israel saat serang Gaza

Senjata makan tuan, IDF akui Iron Dome tak sengaja tembak drone Israel saat serang Gaza - Turkinesia

TURKINESIA.NET – TEL AVIV. Sebuah pesawat tak berawak Israel secara tidak sengaja ditembak jatuh oleh sistem pertahanan Iron Dome negara itu selama serangan di Jalur Gaza, menurut media lokal pada hari Selasa.

“Sistem Iron Dome keliru mengintersepsi pesawat tak berawak tentara selama Operation Guardian of the Walls (perang baru-baru ini di Gaza),”  kata sumber militer seperti dikutip oleh Perusahaan Penyiaran Publik Israel.

Namun, stasiun televisi Israel itu tidak menyebutkan tanggal intersepsi pesawat nirawak atau drone bersenjata tersebut. Jenis drone yang ditembak jatuh juga dirahasiakan.

Iron Dome adalah sistem pertahanan Israel yang beroperasi di selatan untuk mencegat rudal dan roket jarak pendek yang ditembakkan oleh kelompok perlawanan Palestina dari Jalur Gaza.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengeklaim kelompok perlawanan Palestina di Gaza, yakni Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ), telah menembakkan lebih dari 4.300 roket dan rudal.

Menurut IDF, Iron Dome berhasil mencegat 90 persen dari ribuan roket dan rudal yang masuk ke negara Yahudi tersebut. Terlepas dari klaim keberhasilan itu, fakta bahwa sistem Iron Dome kewalahan dan ditembus oleh roket-roket asal Gaza yang menimbulkan kerusakan parah dan korban jiwa.

Otoritas kesehatan Palestina mengatakan setidaknya 253 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak dan 39 wanita, tewas selama perang 11 hari lalu. Lebih dari 1.900 lainnya terluka.

Di Israel, 12 orang tewas termasuk seorang tentara IDF dan dua anak akibat serangan roket dan rudal dari Gaza.

Sumber: Anadolu Agency, Sindonews

4.2 9 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: