Senin, Agustus 8, 2022
Timur Tengah

Serangan YPG atas rumah sakit Afrin tewaskan 13 warga sipil, Turki lakukan serangan balasan

Serangan YPG atas rumah sakit Afrin tewaskan 13 warga sipil, Turki lakukan serangan balasan - Turkinesia

TURKINESIA.NET – AFRIN. Turki telah melakukan serangan udara terhadap sasaran militan YPG di Suriah utara, sebagai tanggapan atas serangan mematikan di sebuah rumah sakit di wilayah tersebut.

Serangan udara menargetkan posisi Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dan Pasukan Demokrat Suriah (SDF) di kota Tel Rifat yang dikuasai rezim Suriah, kemarin. Ankara mendakwa kelompok-kelompok itu menyerang Rumah Sakit Al-Shifa di kota Afrin yang dikuasai oposisi pada Sabtu.

Sedikitnya 13 orang tewas dan 27 luka-luka akibat dua serangan artileri terpisah di Afrin. Serangan pertama menghantam daerah pemukiman dan yang kedua menghantam rumah sakit. Seorang dokter, tiga staf rumah sakit, dua wanita, dan dua anak dilaporkan termasuk di antara mereka yang tewas.

AS, PBB, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengutuk serangan rumah sakit itu.

Tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab. YPG dan SDF membantah bahwa itu adalah mereka, meskipun pemerintah Turki menuduh milisi yang didukung AS itu. Gubernur provinsi Hatay di Turki mengatakan bahwa rudal ditembakkan dari kota Tel Rifat yang dikuasai rezim Suriah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji untuk “meminta pertanggungjawaban para pengecut ini atas setiap tetes darah yang mereka tumpahkan.”

Kementerian pertahanan Turki menyatakan bahwa serangan balasan telah dilakukan terhadap “target teroris” di Tel Rifat.

Sumber: MEMO

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: