Jumat, Agustus 12, 2022
Tokoh

Suleyman Soylu: Lebih dekat dengan Mendagri Turki, calon pengganti Erdogan?

Suleyman Soylu: Lebih dekat dengan Mendagri Turki, calon pengganti Erdogan? - Turkinesia

TURKINESIA.NET – TOKOH. Setelah permohonan resignnya ditolak Erdogan hanya karena kekeliruan kecil sang menteri saat lockdown 48 jam akhir pekan kemarin di Turki, Suleyman Soylu sudah kembali bertugas sebagai Mendagri seperti biasa.

Kekeliruan yang sangat kecil, hanya soal pengumuman lockdown yang diumumkan lebih cepat beberapa jam lalu sempat membuat rakyat turki sedikit panik. Hanya itu.

Tapi sang menteri langsung bertanggungjawab dan minta mundur. Menteri yang punya integritas tinggi.

Penolakan Erdogan atas permintaan sang menteri untuk mundur kemarin disambut bahagia rakyat dengan meneriakkan yel-yel menyemangati sang menteri untuk kerja lagi.

Tidak heran Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu dapat respek rakyat turki begitu baik. Sang menteri memang penuh prestasi selama menjabat. Dia punya prestasi yang sangat gemilang dalam pemberantasan terorisme. Juga soal keamanan dalam negeri.

Sebelum diangkat jadi Mendagri, Soylu adalah menteri tenaga kerja dan keamanan nasional 2015-2016, dan pasca kudeta gagal terhadap Erdogan, Soylu kemudian diangkat jadi Mendagri.

Sebelum bergabung dengan Partai AKP Erdogan, Soylu adalah pemimpin Partai Demokrat. Sejak muda sudah cemerlang, jadi ketua DPW Partai Demokrat Istanbul, usianya termuda kala itu. Kemudian dia pindah ke partai Jalan Lurus (True Path Party), lalu bergabung dengan partai AKP, dan Erdogan memilihnya sebagai salah satu komisioner DPP AKP.

Soylu adalah pendebat paling keras saat menjabat sebagai anggota DPR Turki. Dia paling keras melawan oposisi AKP yang suka cari alasan untuk melengserkan Erdogan. Gebrak meja sudah biasa bagi Soylu di parlemen.

Pasca kudeta gagal dan manjabat sebagai Mendagri. Soylu memecat banyak walikota turki karena berkomplot dengan kalangan pemberontak komunis PKK. Kebanyakan walikota yang dicopot Soylu adalah walikota dari partai HDP yang memang punya afiliasi dengan komunis. Ketegasan tanpa kompromi.

Baca juga  Erdogan resmikan kantor intelijen cabang Istanbul

Karena prestasinya lah, dia jadi salah satu tokoh politik paling populer di turki selain Erdogan saat ini. Bahkan banyak kader AKP menominasikan dia menggantikan Erdogan kalau masa jabatan Erdogan sudah selesai atau tidak lagi nyapres. Karena Soylu sudah bilang tidak  akan nyapres selama Erdogan masih layak menjabat.

Dalam jajak pendapat dan polling polling politik, namanya masuk daftar teratas sebagai Capres bersama Erdogan dan Walikota Istanbul Ekrem Imamoglu.

Dukungan buat sang mendagri agar melanjutkan tugasnya sebagai menteri diberikan rakyat turki dengan hastag #WeDontAcceptTheResignation jadi trending topic di twiter.

Jadi, tidak heran kenapa Turki tambah maju. Karena bukan hanya Presidennya yang penuh prestasi, rakyat Turki juga punya banyak pejabat negara dengan kualitas luar biasa. Rata rata pejabat Turki pembantu Erdogan adalah orang orang yang sangat terpilih, termasuk Menlu, Menhan, Pangab, Menkeu, dan lainnya. Mereka sangat menonjol dalam kinerjanya.

Sumber: Tengku Zulkifli Usman, analis politik.

4.7 14 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Heri Reksa
Heri Reksa
2 years ago

Bravo Turkiye

Iskandar
Iskandar
1 year ago

I love you turki

error: Content is protected !!
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: