- Advertisement -
Internasional

Terkait S-400, Erdogan: Trump berkata tidak akan menjatuhkan sanksi atas Turki

TURKINESIA.NET – OSAKA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dirinya mendengar dari Donald Trump bahwa Amerika Serikat tidak akan menjatuhkan sanksi atas Ankara karena pembelian S-400.

“Kami telah mendengar darinya secara pribadi bahwa ini tidak akan terjadi,” kata Erdogan. “Kami adalah mitra strategis dengan Amerika Serikat. Sebagai mitra strategis, tidak ada yang memiliki hak untuk mencampuri hak kedaulatan Turki. Semua orang harus mengetahui hal ini,” katanya.

Penyataan tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh wartawan pada 29 Juni, beberapa jam setelah kedua pemimpin mengadakan pembicaraan bilateral di KTT G20 di Osaka, Jepang.

“Saya juga berpendapat bahwa tidak pantas bagi dua mitra strategis untuk memaksakan tindakan tersebut terhadap satu sama lain,” tambahnya.

Erdogan juga mengatakan bahwa Turki mengharapkan pengiriman jet tempur siluman F-35 dari AS, meskipun ada perselisihan mengenai kesepakatan S-400.

“Kami memiliki pembayaran sejauh ini 1,4 miliar USD ke Amerika Serikat,” kata Erdogan. “Sebagai produsen bersama, sampai sekarang empat jet F-35 telah dikirimkan kepada kami, tetapi kami masih akan menerima total 116 jet. Kami mengharapkan ini,” tambahnya.

[adinserter name=”Block 1″]

“Apa yang dikatakan beberapa orang di peringkat bawah tidak selaras dengan pendekatan Trump. Saya percaya ini tidak akan merusak hubungan bilateral kami, dan itulah komitmen yang sedang kami lakukan.”

Erdogan menambahkan bahwa sistem pertahanan S-400 Rusia akan dikirim pada paruh pertama bulan Juli. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: