Jumat, Agustus 12, 2022
Sejarah

Toilet umum pertama Anatolia era Ottoman jadi museum

Toilet umum pertama Anatolia era Ottoman jadi museum - Turkinesia

Proses restorasi toilet umum pertama Anatolia era Ottoman di lingkungan Sulusokak yang bersejarah di provinsi Tokat utara Turki telah dimulai.  Usai perbaikan, bangunan dari periode Ottoman itu akan berfungsi sebagai “Museum Air dan Pembersihan.”

Struktur ini dibangun sekitar tahun 1600-an dan merupakan satu-satunya toilet umum yang digunakan oleh pengrajin selama periode Ottoman. Setelah lama digunakan sebagai gudang, Pemerintah Kota Tokat baru-baru ini memutuskan untuk merestorasi struktur tersebut.

Asosiasi Agen Perjalanan Turki (TÜRSAB) perwakilan Provinsi Tokat, Yavuz Özseven mengatakan, “Tokat adalah kota penting dalam hal perdagangan sampai tahun 1850-an. Kota ini menampung banyak pedagang yang datang untuk membeli barang dari para pengrajin di sini. Bangunan itu dibangun untuk digunakan para pedagang dan pengrajin bersama dengan masyarakat. Oleh karena itu, bangunan seperti itu diperlukan dan menjadi satu-satunya di kawasan itu, ada antrian panjang di depannya dari waktu ke waktu. Dalam antrian ini, orang-orang saling menyuruh untuk menahan kencingnya. Inilah sebabnya gedung itu mulai disebut ‘toilet umum tahan kencing (sık dişini helası).”

Pemugaran lapisan timah pada kubah luar bangunan telah selesai, sementara pekerjaan interior terus berlanjut.

Sumber: Daily Sabah 

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Sultan Ottoman yang melihat penekanan akan kesatuan Islam dan pengaruh kekhalifahan sebagai keharusan, memutuskan untuk membangun kereta api dari Istanbul ke Hijaz, bahkan jika itu merupakan bisnis yang sulit dan mahal. Keputusan ini diterima dengan sukacita di dunia Islam. Orang-orang Eropa, di sisi lain, menganggapnya sebagai proyek yang tidak mungkin direalisasi. Nah, bagaimana uang yang diperlukan untuk pembangunan kereta api akan diperoleh pada saat kerajaan sedang mengalami masa sulit? Total biaya kereta api diperkirakan mencapai 4 juta lira Ottoman (sekitar 570 kg emas). Jumlah ini setara dengan hampir 20 persen dari seluruh anggaran Ottoman pada waktu itu. Kerugian keuangan… Read more »

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: