- Advertisement -
Internasional

Trump: Hubungan AS dengan Turki sedang memburuk

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Jumat meningkatkan serangannya terhadap Turki melalui pengumuman penggandaan tarif baja dan aluminium yang diberlakukan terhadap sekutu NATO.

“Saya baru saja mengesahkan penggandaan tarif pada Baja dan Aluminium kepada Turki bersamaan dengan mata uang mereka, Lira Turki, melemah dengan cepat terhadap Dollar kami yang sangat kuat!” kata Trump lewat akun twitternya. “Aluminium sekarang akan menjadi 20% dan Baja 50%. Hubungan kami dengan Turki tidak bagus saat ini!”

Cuitan Trump tersebut menjadi ‘tembakan’ lain yang dibuatnya dalam perselisihan yang berkembang antara Turki dan AS.

Awal pekan ini, seorang delegasi Turki kembali dari Washington tanpa hasil terkait penahanan pendeta Amerika Andrew Brunson, yang berada di bawah rumah tahanan Turki karena tuduhan terorisme.

Tuduhan Brunson termasuk di antaranya memata-matai untuk PKK – yang terdaftar sebagai kelompok teroris baik oleh AS dan Turki – dan Organisasi Teror Fetullah (FETO), serta berperan sebagai anggota kelompok di balik upaya kudeta yang kalah di Turki pada Juli 2016.

Turki dan AS saat ini mengalami hubungan yang terjal setelah Washington memberlakukan sanksi pada Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu dan Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul karena tidak melepaskan Brunson.

Dua sekutu NATO ini telah berselisih sejak kudeta yang dikalahkan, di mana Ankara menuduh Fetullah Gulen yang berbasis di AS dan organisasi FETO sebagai dalang. [ANADOLU AGENCY]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: