Jumat, Agustus 12, 2022
Teknologi

Turki akan bangun pembangkit listrik tenaga angin terbesar di dunia

Turkinesia.net – Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam pada hari Kamis 21/06/2018 mengatakan  hingga 23 Oktober nanti akan menerima lamaran untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/angin (PLTB) lepas pantai 1.200-megawatt (MW). PLTB tersebut akan menjadi yang terbesar di dunia dan pertama dari jenisnya di negara Turki.

Menurut pengumuman dalam Lembaran Resmi, Direktorat Jenderal Energi Terbarukan di bawah Kementerian akan mulai menilai lamaran penawaran pada hari yang sama dan akan menginformasikan pelamar tentang tanggal dan tempat tender. Para pelamar akan dapat membentuk konsorsium untuk hadir. Pelamar akan bersaing untuk tawaran terendah dalam lelang terbalik.

Investor yang mengajukan tawaran terendah akan menandatangani perjanjian pembelian energi termasuk 50 terawatt-jam pertama produksi listrik mulai dari komisioning pertama pabrik.

Menteri Energi Berat Albayrak mengatakan pada hari Rabu bahwa spesifikasi tender membutuhkan 60 persen produksi peralatan lokal dan mempekerjakan hingga 80 persen insinyur Turki.

Albayrak mengatakan bahwa sektor energi Turki telah menyelesaikan proyek-proyek kunci dalam teknologi energi dan negara tersebut telah menyelesaikan semua pekerjaan yang diperlukan untuk membangun ladang angin lepas pantai pertamanya.

Pabrik baru akan memiliki kapasitas terpasang sebesar 200 megawatt-jam, menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Angin lepas pantai terbesar di dunia.

Sekitar 60 persen dari turbin untuk pabrik akan diproduksi secara domestik dalam kemitraan dengan zona industri terorganisir Turki, kata menteri.

“Sebanyak 80 persen dari para insinyur yang bekerja dalam proyek merupakan warga Turki,” tambahnya.

Menteri energi telah mengumumkan proyek tersebut pada bulan Februari. Tempat yang akan dipakai untuk pembangkit listrik telah diberi nama pada bulan Maret, yaitu Saros dan Gallipoli yang terletak di wilayah Marmara dan Kıyıköy di wilayah Thrace.

Baca juga  Menlu AS: Sanksi akan terus bertambah jika Turki tetap beli senjata Rusia

Karena ladang angin lepas pantai lebih efisien, Turki ingin menggunakan pantai Laut Aegea, Laut Tengah dan Laut Hitam.

Turki berencana untuk meningkatkan kapasitas angin dan matahari masing-masing sebesar 10.000 megawatt dalam dekade mendatang.

 

 

 

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: