Sabtu, Agustus 13, 2022
Pendidikanrekomendasi

Turki akan hapus pajak untuk buku, majalah, hingga surat kabar

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki akan memangkas pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi nol pada buku, majalah, dan surat kabar dalam peraturan yang akan dibahas Parlemen, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Minggu [10/02/2019].

Langkah ini bertujuan membuat buku dan media cetak terjangkau serta mendukung penerbit yang dirugikan oleh digitalisasi industri, kata Erdogan.

“Implementasi nol PPN pada buku-buku dan publikasi berkala akan dibahas sebagai bagian dari undang-undang di parlemen dan akan diperluas ke (semua) penerbit dan vendor minggu ini,” kata Erdogan pada upacara peletakan batu pertama untuk Pusat Budaya Atatürk yang baru di Istanbul.

“Tidak akan ada PPN untuk buku, majalah, koran lagi.”

Setelah pengumuman Erdogan, Menteri Keuangan Berat Albayrak dalam cuitannya di Twitter mengatakan bahwa presiden telah memberikan “kabar baik,” berharap kesuksesan untuk penerbit dan pemuda Turki.

Buku, majalah, dan surat kabar dapat dibeli dengan nol PPN langsung dari penerbit berlisensi atau situs web penerbit. Pajak reguler 8 persen dikenakan pada media cetak dan buku-buku yang dibeli dari toko buku dan vendor lainnya.

Sebanyak 1,66 miliar item media cetak berkala diedarkan di Turki pada 2017, yang lebih dari 90 persennya adalah surat kabar, menurut data resmi. Data menunjukkan, sebanyak 58.027 buku diterbitkan pada 2017. [Daily Sabah]

 

 

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: