Sabtu, September 24, 2022
Sejarah

Turki akan terus mendukung Turki Ahiska

Turki akan terus mendukung Turki Ahiska - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki akan terus “secara aktif mendukung tujuan yang adil” terhadap Turki Ahiska, Kementerian Luar Negeri negara itu mengatakan pada hari Rabu.

Pernyataan kementerian menandai peringatan ke-74 deportasi Turki Ahiska, juga dikenal sebagai Turki Meskhetian. Mereka dipaksa untuk bermigrasi dari Kaukasus selama era Soviet.

“Pada 14 November 1944, hampir 100.000 orang Turki Ahiska secara paksa dideportasi dari tanah air mereka di Ahiska, Georgia, ke daerah-daerah yang jauh dari Uni Soviet,” kata pernyataan tersebut.

Ia mencatat bahwa banyak saudara dan saudari Turki Ahiska kehilangan nyawa karena kondisi deportasi yang mengerikan, sementara yang selamat harus menghadapi tantangan berat di tempat mereka dikirim.

“Kami merasakan kesedihan mendalam dari Turki Ahiska dan berharap rahmat Allah atas mereka yang kehilangan nyawa mereka selama deportasi,” tambahnya.

Pernyataan itu mengatakan Turki secara dekat mengikuti kondisi dan proses pemulangan hingga 500.000 Turki Ahiska yang tersebar di sembilan negara.

Sebanyak 92.307 orang Turki Ahiska diusir dari wilayah Meskheti Georgia oleh pemimpin Soviet Joseph Stalin pada tahun 1944, menurut Asosiasi Dunia Turki Ahiska.

Selama hampir 40 hari periode deportasi dari tanah air ke Uzbekistan, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan, sekitar 13.000 warga Turki Ahiska kehilangan nyawa karena kelaparan, cuaca dingin dan penyakit, kata asosiasi itu.

[adinserter name=”Block 1″]

Turki telah secara sukarela menerima ribuan orang Turki Meskhetia atas instruksi Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Hari ini, sekitar setengah juta orang Turki Ahiska tinggal di Turki, Kazakhstan, Rusia, Azerbaijan, Kyrgyzstan, Uzbekistan, AS dan Ukraina.

Sumber: Yeni Safak

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Turki akan terus mendukung Turki Ahiska […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: