Jumat, Agustus 12, 2022
Teknologi

Turki bangun terowongan angin subsonik besar untuk uji pesawat tempur nasional

Turki bangun terowongan angin subsonik besar untuk uji pesawat tempur nasional - Turkinesia
pesawat tempur nasional Turki TF-X (MMU)

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turkish Aerospace Industries (TAI) sedang membangun terowongan angin subsonik terbesar kedua di Eropa untuk menguji jet tempur negara itu.

“Terowongan angin ini dimaksudkan untuk digunakan dalam pengembangan pesawat asli, sayap putar dan sayap tetap, terutama Pesawat Tempur Turki,” kata perusahaan itu dalam siaran pers, Jumat.

Terowongan yang terdiri dari tiga bagian berbeda – besar, kecil dan terbuka – akan dilengkapi dengan perangkat pengukuran dan pengindraan teknologi canggih untuk pengujian lanjutan.

“Dengan sistem sabuk tanah bergerak terintegrasi, tes pendaratan dan lepas landas untuk pesawat hanya akan dilakukan di terowongan ini di Turki,” ungkap perusahaan itu.

Direktur TAI Temel Kotil mengatakan fasilitas itu akan menjadi satu-satunya fasilitas di Turki dalam bidang ini dengan kemampuan yang memungkinkan pengujian aeroakustik.

Dia mengatakan mereka mencapai tahap penting dari proyek Pesawat Tempur Nasional (MMU), yang menurutnya merupakan “proyek kelangsungan hidup” bagi negara. Pesawat ini adalah jet tempur siluman generasi kelima dan salah satu proyek teknologi yang telah lama ditunggu-tunggu Turki.

“Fasilitas kami akan menjadi satu-satunya fasilitas di Turki di bidang ini dengan kemampuan untuk memungkinkan pengujian aeroakustik,” tambah Kotil.

Sumber: Daily Sabah, Anadolu Agency

3.4 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: