- Advertisement -
Asia

Turki bantu jalur kereta api Afghanistan, akan terhubung ke Eropa

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki dan Afghanistan pada hari Kamis akan menandatangani perjanjian kerja sama mengenai kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) di bidang transportasi – terutama jalan raya, kereta api dan penerbangan, kata seorang pejabat pada hari Rabu.

Menteri Transportasi Turki Adil Karaismailoğlu mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan dengan mitranya dari Afghanistan Kudretullah Zeki bahwa Ankara akan mendukung proyek infrastruktur di negara yang dilanda perang itu.

“Kami bersedia melakukan prosedur yang diperlukan untuk meningkatkan kemungkinan transportasi kereta api antara negara kami dan untuk menciptakan peluang kerja sama baru,” kata Karaismailoğlu.

Dia menambahkan: “Kami bertekad untuk menghubungkan Afghanistan dengan Eropa melalui Jalur Kereta Api Baku-Tbilisi-Kars menggunakan rute Lapis Lazuli.”

Jalur kereta api Baku-Tbilisi-Kars (BTK) diluncurkan pada Oktober 2017. Jalur ini menghubungkan Turki, Azerbaijan dan Georgia, membangun jalur angkutan dan penumpang antara Eropa dan China. Kereta api, dalam dua tahun pertama setelah diluncurkan telah mengangkut 275.000 ton barang, menurut data kementerian sebelumnya.

Dimulai di Baku, ibu kota Azerbaijan, kereta berhenti di ibu kota Georgia, Tbilisi, melewati fasilitas pengubah ukuran di kota Akhalkalaki di Georgia dan mengakhiri perjalanan mereka di kota Kars, Turki timur.

Sementara itu, kapasitas angkut BTK yang meningkat tahun lalu selama pandemi mendorong transportasi kereta api sebagai alternatif nirkontak untuk transportasi jalan raya.

Sumber: Daily Sabah, Anadolu Agency

5 5 votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: