Rabu, Oktober 5, 2022
Kontra-teror

Turki gempur teroris PKK di Irak utara

Turki gempur teroris PKK di Irak utara - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Angkatan Bersenjata Turki (TSK) pada hari Sabtu melancarkan operasi militer skala besar terhadap teroris di Irak utara.

Sabtu sore, Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan bahwa banyak teroris dinetralkan dan banyak tempat persembunyian dan gua telah dihancurkan. Tidak ada tempat di masa depan Turki, Irak atau Suriah bagi kelompok teroris atau separatis, ujarnya.

Irak utara dikenal sebagai lokasi persembunyian banyak teroris PKK dan pangkalan tempat mereka melakukan serangan terhadap Turki.

Target PKK diserang di daerah Metina, Avashin-Basyan, Zap dan Qandil.

Erdogan mengatakan operasi baru di Irak utara akan berkontribusi pada perdamaian dan keamanan regional. Ia juga menekankan penghormatan Turki terhadap integritas wilayah Irak.

Selain jet tempur F-16, unit artileri perbatasan, elemen pendukung tembakan di area pangkalan depan dan helikopter serang berpartisipasi dalam operasi tersebut.

TSK secara teratur melakukan operasi lintas batas di Irak utara. Turki telah lama menekankan bahwa mereka tidak akan mentolerir ancaman teroris yang ditimbulkan terhadap keamanan nasionalnya.

Turki juga telah meminta pejabat Irak untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membasmi kelompok teroris tersebut. Ankara sebelumnya menegaskan bahwa jika langkah-langkah yang diharapkan tidak diambil, Turki tidak akan menghindar dari menargetkan ancaman teroris.

Dalam lebih dari 40 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa – bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: