- Advertisement -
Ekonomi

Turki jadi mitra dagang terbesar kelima Rusia selama pertengahan pertama 2018

TURKINESIA.NET – ANKARA. Di tengah hubungan yang meningkat dengan Moskow, Turki telah menjadi mitra dagang terbesar kelima Rusia pada paruh pertama tahun 2018, menurut data Layanan Bea Cukai Federal Rusia yang dirilis Selasa (07/08).

Perdagangan antara Turki dan Rusia meningkat 37 persen dari tahun ke tahun, mencapai $ 13,3 miliar.

Ini terjadi karena semua hambatan perdagangan antara kedua negara dicabut. ekspor Turki ke Rusia melonjak 47 persen, sementara impor dari Rusia naik 36 persen.

China tetap menempati posisi pertama sebagai mitra Rusia di paruh pertama tahun ini dengan 50 miliar USD dalam volume perdagangan, diikuti oleh Jerman, Belanda dan Belarus.

Pasca krisis yang terjadi pada November 2015, hubungan politik dan hubungan bisnis antara Turki dan Rusia sangat terpengaruh. Moskow memberlakukan pembatasan terhadap Ankara, termasuk melarang ekspor produk pertanian tertentu, mencabut perjalanan bebas visa bagi warga Turki dan memberlakukan pembatasan pada pengusaha Turki.

Pada Mei 2017, Turki dan Rusia menandatangani deklarasi bersama untuk menghapus semua pembatasan perdagangan antara kedua negara serta sepenuhnya memulihkan hubungan ekonomi.

Daily Sabah

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: