Jumat, Agustus 12, 2022
Eropa

Turki kecam pernyataan provokatif oleh Wakil PM Yunani

Turki kecam pernyataan provokatif oleh Wakil PM Yunani - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Kementerian Luar Negeri Turki pada Rabu mengutuk pernyataan Wakil Menteri Luar Negeri Yunani terhadap Turki dan presidennya.

“Kami mengutuk keras pernyataan tidak bermoral yang tidak sejalan dengan praktik politik dan diplomatik, dari Wakil Menteri Luar Negeri Yunani Miltiadis Varvitsiotis tentang negara kami dan presiden kami dalam wawancara dengan saluran televisi,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Kemenlu Turki juga menyebut para pejabat Yunani terus terlibat dalam “tindakan dan retorika provokatif dan meningkatkan ketegangan” terhadap Turki.

Ankara menganggap tindakan dan retorika ini “disengaja” dalam periode langkah-langkah baru yang diambil untuk mempertahankan dialog antara kedua negara, kata kementerian itu.

Turki mendesak pemimpin politik Yunani untuk menunjukkan “akal sehat” dan ketulusan “agar saluran dialog antara kedua negara berfungsi kembali,” menurut pernyataan itu.

Turki yang memiliki garis pantai kontinental terpanjang di Mediterania Timur, telah menolak klaim batas maritim oleh Yunani dan pemerintahan Siprus Yunani. Ankara menekankan bahwa klaim Athena yang berlebihan melanggar hak kedaulatan Turki dan Siprus Turki.

Tahun lalu, Ankara mengirimkan beberapa kapal bor untuk eksplorasi di Mediterania Timur. Turki menegaskan haknya dan Republik Turki Siprus Utara (TRNC) di wilayah tersebut.

Para pemimpin Turki telah berulang kali menekankan bahwa Ankara mendukung penyelesaian masalah yang luar biasa di kawasan itu melalui hukum internasional, hubungan bertetangga yang baik, dialog, dan negosiasi.

Varvitsiotis dalam wawancaranya di ‘Atairiasti’ SKAI TV pada Selasa (6/5), mengatakan bahwa Turki berada dalam keadaan gejolak dan kebingungan atas identitasnya dalam kebijakan luar negerinya. Begitu juga dengan Presiden Turki yang membuat langkah tidak menentu baik di dalam maupun di luar negerinya.

Baca juga  Yunani kalang kabut hadapi aksi Turki di Mediterania, minta tolong Eropa adakan rapat darurat

Sumber: Anadolu Agency English, Rmol

3.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: