Thursday, June 13, 2024
Uncategorised

Turki-Korsel tingkatkan kerja sama di berbagai bidang

Turkinesia.net – Seoul. Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan pada hari Rabu (02/05) setuju untuk meningkatkan hubungan dengan Korea Selatan di berbagai bidang, mulai dari perdagangan hingga pertahanan. Hal itu disampaikan setelah upacara penyambutan resmi dan pertemuan puncak dengan Presiden Moon Jae-in di Seoul.

“Kedua pemimpin itu menekankan perjanjian perdagangan bebas Korea Selatan-Turki (FTA) telah menjadi fondasi penting dari kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan dengan memastikan pertumbuhan perdagangan yang seimbang antara kedua negara dan sepakat untuk segera menerapkan kesepakatan mengenai industri jasa dan sektor investasi dalam kerangka FTA Korea Selatan-Turki,” sebagaimana diungkapkan siaran pers bersama setelah KTT Rabu.

Hanya beberapa hari setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya ke wilayah Korea Selatan, Erdogan juga mengucapkan selamat kepada Presiden Moon atas perjanjian Seoul-Pyongyang yang terjadi pada Jumat untuk mewujudkan perdamaian dan kemakmuran di semenanjung itu.

Presiden Turki juga bertemu dengan Ketua Majelis Nasional Chung Sye-kyun dan menyebut hubungan yang kuat antara Turki dan Korea sebagai “fakta sejarah”.

Erdogan mengumumkan bahwa empat perjanjian telah ditandatangani antara Turki dan Korea Selatan.

“Kami membahas apa yang bisa kami lakukan di bidang industri pertahanan dan banyak bidang lain di masa depan selama pertemuan bilateral dan pertemuan delegasi kami.”

Dia menambahkan: “Ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami untuk memasukkan Korea ke dalam Proyek Kanal Istanbul kami.”

The Canal Istanbul Project adalah jalur air laut buatan yang akan menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Marmara. [Yeni Safak]

 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d