Minggu, Agustus 14, 2022
Ekonomi

Turki lockdown total, larang PHK, UKM dan buruh dibantu negara

Turki lockdown total, larang PHK, UKM dan buruh dibantu negara - Turkinesia

TURKINESIA.NET  – ANKARA. Turki mengungkapkan paket dukungan baru senilai TL 5 miliar ($ 604 juta) untuk melindungi dampak dari lockdown terbaru pada perekonomian. Dukungan ini terutama ditujukan untuk memberikan dukungan keuangan kepada usaha kecil dan menengah yang bisnisnya mengalami kerugian karena lockdown.

Rincian paket diumumkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan ketika menghadiri pembukaan pabrik di ibu kota Ankara.

Erdogan mengatakan Turki meluncurkan program dukungan baru melalui Organisasi Pengembangan Industri Kecil dan Menengah (KOSGEB).

“Ini ditujukan untuk usaha mikro dan kecil yang kehilangan pendapatan dan perlu mempertahankan pekerjaan dengan arus kas yang terganggu,” katanya.

Sebagai bagian dari paket dukungan, hingga TL 30.000 akan dialokasikan untuk usaha mikro dan hingga TL 75.000 untuk bisnis skala kecil. Mereka yang mendapat manfaat dari dukungan ini dapat menggunakannya selama tiga tahun tanpa pembayaran atau bunga apa pun.

Turki juga telah memperpanjang larangan PHK hingga akhir Juni, tegas presiden, sambil juga mempertahankan tunjangan kerja jangka pendek.

Sebelumnya, Turki telah memperpanjang larangan PHK selama dua bulan mulai 17 Maret berdasarkan keputusan presiden yang diumumkan di Lembaran Negara Resmi. Tingkat pengangguran Turki naik 0,7 poin menjadi 13,4% pada Februari. Sementara itu, lebih dari TL 30 miliar telah dibayarkan kepada 3,7 juta orang di bawah tunjangan kerja singkat hingga saat ini dan hampir TL 10 miliar diberikan kepada pekerja yang mengambil cuti tidak dibayar, menurut pernyataan terbaru dari para pejabat.

Pada hari Kamis, Erdogan mengatakan pemerintah memulai kembali bantuan tunai yang diberikan kepada keluarga yang membutuhkan dengan meningkatkannya menjadi TL 1.100 dari TL 1.000 per rumah tangga.

“Kami juga mengalokasikan tambahan TL 183 juta untuk bantuan sosial dan yayasan solidaritas untuk mendukung keluarga yang membutuhkan,” kata Erdogan. Dukungan yang diberikan sejauh ini oleh program Perlindungan Sosial Turki untuk memenuhi kebutuhan publik selama pandemi telah mencapai TL 60 miliar ($ 8,1 miliar).

Baca juga  Perusahaan pertahanan Turki tandatangani kesepakatan ekspor kendaraan lapis baja terbesar yang pernah ada

Tentang pedagang dan bisnis mereka, presiden menekankan bahwa dukungan pendapatan bulanan TL 1.000 diperpanjang dan bahwa peringkat dukungan sewa antara TL 750 dan TL 500 juga akan berlanjut.

Sumber: Daily Sabah

4.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: