Saturday, June 22, 2024
InternasionalTimur Tengah

Turki mulai gempur teroris YPG di Malikiyah Suriah

TURKINESIA.NET – ANKARA. Militer Turki telah mulai menembaki teroris YPG di kota al-Malikiyah di utara Suriah, sumber lokal melaporkan Senin malam.

Menurut sumber, artileri Turki menembaki posisi Unit Perlindungan Rakyat (YPG) di pedesaan perbatasan kota Malikiyah antara Turki dan utara Suriah di Hasakah.

Langkah itu dilakukan beberapa jam setelah Kepresidenan Turki mengajukan mosi kepada Parlemen guna memperluas otoritas negara untuk meluncurkan operasi militer lintas-perbatasan di utara Irak dan Suriah selama satu tahun lagi.

Mosi tersebut yang diajukan oleh pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdoğan, sebelumnya telah mengizinkan militer Turki untuk melakukan operasi lintas batas dari 30 Oktober 2018 hingga 30 Oktober 2019.

Setelah Gedung Putih mengatakan pada hari Minggu [06/10] bahwa militer AS akan menarik diri dari utara Suriah, keputusan itu telah membuka jalan bagi operasi Turki yang telah lama direncanakan ke wilayah timur Efrat terhadap kelompok teror YPG.

Pernyataan disampaikan Trump setelah berbicara melalui telepon dengan Presiden Erdogan. Menurut sumber-sumber kepresidenan Turki, pertemuan keduanya direncanakan berlangsung November mendatang. [Daily Sabah]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d